Pemkab Karo Berjanji akan Penuhi Tuntutan Warga Semangat Gunung

80
Acara diakhiri dengan hiburan landek bersama seluruh masyarakat dan Wakil Bupati beserta rombongan Pemkab Karo. (Foto. ASARPUA.com/joh)

ASARPUA.com – Tanah Karo – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Wakil Bupati Karo Cory S Sebayang berjanji akan memenuhi apa yang menjadi keluhan dan tuntutan warga Desa Semangat Gunung, Kecamatan Merdeka.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati dalam pertemuan dengan warga desa Semangat Gunung, Senin (11/03/2019) yang sebelumnya melakukan aksi protes terhadap pengutipan retribusi ke objek wisata air panas Semangat Gunung, dengan memblokir jalan keluar masuk lokasi air panas di depan pos pengutipan retribusi, Minggu (10/03/2019).

Dalam kesempatan itu Wakil Bupati Karo didampingi Kepala Dinas PUPR Kabupaten Karo, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Karo, Kepala Bapeda Kabupaten Karo dan unsur Forkopimca Kecamatan Merdeka.

S urbakti selaku perwakilan warga menyampaikan empat butir tuntutan masyarakat. Pertama menurut warga bahwa jalan menuju objek wisata pemandian air panas rusak parah tidak layak disebut jalan daerah wisata. Untuk itu warga minta agar segera diperbaiki.

Kedua, tuntutan warga adalah minimnya lampu penerangan jalan, sehingga para pengunjung merasa kurang nyaman berjalan dimalam hari. Hal ini juga menurut warga harus segera diperhatikan.
Ketiga, warga juga meminta agar di dalam pengutipan pada pos retribusi warga setempa turut dilibatkan sebagai petugas dan keempat yaitu dana bagi hasil untuk permbinaan Karang Taruna Desa Merdeka.

Menanggapi tuntutan warga Wakil Bupati Karo, Cory S Sebayang mengatakan bahwa dia cukup hormat kepada seluruh warga yang peduli dengan kondisi jalan di desa ini yang menjadi fasilitas umum terutama karena desa ini sebagai salah satu destinasi wisata air panas di Kabupaten Karo.

Selanjutnya Cory mengungkapkan bahwa untuk perbaikan infrastruktur jalan yang rusak akhir April atau awal Mei 2019 ini akan segera diperbaiki. Sedangkan untuk lampu penerangan jalan umum juga sesegera mungkin akan dipasang.

“Untuk lampu-lampu penerangan jalan segera kita pasng. Dimana titik -titik lampu yang akan dipasang juga sudah disurvey. Percayalah sama saya, ini akan segera direalisasikan,” ujar Wakil Bupati meyakinkan warga.

Kalau untuk petugas pengutipan retribusi, kata dia, bagi pegawai ada ketentuan yang mengatur. Tidak bisa serta merta dapat diputuskan begiu saja.
“Jadi untuk pegawai pada pos retribusi nanti kami pelajari dulu bagaimana regulasinya. Asal tidak menyalahi aturan, dan akan kita tampung selagi masih memungkinkan,” terangnya.

Acara diakhiri dengan hiburan landek bersama seluruh masyarakat dan Wakil Bupati beserta rombongan Pemkab Karo. (as-joh).