Pemerintah Salurkan 16.100 Paket Bantuan untuk Pelaku Pariwisata Sumut

34
Kadisbudparsu Ria Novida Telaumbanua menyaksikan penyaluran pra-pendistribusian Dukungan Bahan Pokok untuk pekerja pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak Covid-19 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia di Gedung Serbaguna Politeknik Pariwisata Medan Jalan Rumah Sakit Haji Medan, Senin (29/06/2020). (Foto. ASARPUA.com/humpes)

ASARPUA.com – Medan – Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI menyalurkan bantuan sebanyak 16.100 paket Bahan Pokok Lauk Siap Saji (Balasa) kepada pelaku pariwisata yang terdampak Covid-19 di Sumatera Utara (Sumut). Bantuan ini diharapkan dapat meringankan pelaku pariwisata yang paling pertama terdampak karena adanya pandemi ini.

Pra pendistribusian bantuan ini secara simbolis diserahkan dan diawasi oleh Anggota Komisi X DPR RI Sofyan Tan kepada Direktur Politeknik Pariwisata Medan Anwari Masatip dan perwakilan asosiasi pariwisata di Sumut. Penyerahan pra pendistribusian bantuan ini disaksikan Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Sumut (Kadisbudarsu) Ria Novida Telaumbanua di Gedung Serba Guna, Politeknik Pariwisata Medan, Jalan Rumah Sakit Haji Medan, Senin (29/06/2020).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut Ria Telaumbanua mengatakan secara resmi penyerahan dan pendistribusian bantuan ini akan dilakukan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI kepada Gubernur dan Kapolda Sumut, Kamis (02/07/2020).

Dikatakan Ria, sebelumnya pihaknya telah lebih dulu melakukan pendataan terhadap pelaku pariwisata yang terdampak Covid-19. Pendataan ini sendiri berjalan selama 2-3 bulan.

“Awalnya kita lakukan pendataan di masing-masing daerah. Bekerja sama dengan Kadis Pariwisata di 33 kabupaten/kota dan asosiasi pariwisata, kita melakukan pendataan sesuai dengan kriteria yang diberikan oleh Kementerian Pariwisata. Setelah itu daerah mengirimkan data kepada kita untuk diverifikasi. Kemudian kita kirim ke pihak Kementerian. Lalu Kementerian kembali melakukan verifikasi data by name by adress. Jadi jelas siapa penerima bantuannya,” ujar Ria.

Sebelumnya, kata Ria, Sumut hanya diberikan kuota bantuan sebanyak 10.000 paket. Namun Komisi X DPR RI berupaya untuk mendorong penambahan kuota hingga akhirnya Sumut diberikan bantuan sebanyak 16.100 paket. “Kita sangat berterima kasih Komisi X DPR RI telah antusias mendorong ini untuk Sumut. Nanti pendistribusiannya akan dilakukan oleh pihak Polda Sumut didampingi Dinas Pariwisata dan Asosiasi Pariwisata Sumut mudah-mudahan bantuan ini tepat sasaran,” terang Ria.

Anggota Komisi X DPR RI Sofyan Tan menyebutkan pihaknya bersama Kementerian Pariwisata memiliki kesamaan pandangan untuk mengatasi persoalan pelaku usaha yang terdampak Covid-19 di Indonesia. Apalagi dari realisasi bantuan ini, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI dinilainya memiliki kesungguhan niat untuk menyalurkan bantuan sesuai anggaran dan tepat sasaran. (asarpua-01)