asarpua.com

Pemerintah Pusat Tuntaskan Fasilitas Dasar Danau Toba Destinasi Prioritas

ASARPUA.com – Medan – Pemerintah pusat akan menuntaskan pembangunan fasilitas dasar pendukung Danau Toba sebagai destinasi prioritas Indonesia dan menjadi kawasan Unesco Global Geopark, pada tahun 2019. Hal itu dilakukan untuk mempercepat pengembangan pariwisata Sumatera Utara (Sumut)

Menteri Pariwisata Republik Indonesia Arief Yahya didampingi Wakil Gubernur Sumut (Wagubsu) Musa Rajekshah mengungkapkan hal itu ketika menghadiri acara Wisuda XX Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Medan, Rabu (17/10/2018) di Gedung Serba Guna Sumekto Djajanegara Jalan RS Haji Medan.

“Kita mau membangun nomadic tourism, seperti namanya dia nomadic atau berpindah pindah, di sana akan ada hotel caravan pertama di Indonesia, homepod, serta homestay,” kata Menpar.

Sementara itu, Wagubsu Musa Rajekshah mengatakan Pemprovsu berencana membangun SMK Pariwisata di Sumut. Tujuannya, agar lulusannya bisa mengembangkan potensi wisata yang ada di daerah ini. “Sehingga masyarakat setempat daerah wisata bisa betul betul mengelola daerahnya sendiri. Jangan sampai menjadi pembantu di rumah sendiri. Lulusan pariwisata harus bisa mengelola potensi daerahnya sendiri,” ujarnya.

“Masyarakat juga diharapkan dapat membuka lapangan pekerjaan dengan berwirausaha. Bank Sumut ke depan juga bisa memberikan kredit untuk usaha kecil dan menegah, supaya bisa tumbuh dan berkembang di Sumut,” kata Musa Rajekshah yang akrab disapa Ijeck.

Sebelumnya, Direktur Politeknik Pariwisata Medan Anwari Masatip mengatakan, pada wisuda ke XX ini, diwisuda 317 mahasiswa yang terdiri dari 31 mahasiswa D4 dan 286 mahasiswa D3. Sekitar 77 persen wisudawan telah bekerja di sektor pariwisata. “Sisanya sedang menunggu proses panggilan kerja,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, juga diresmikan gedung baru Poltekpar Medan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya. Gedung yang digunakan untuk kantor, perpustakaan dan perkuliahan itu diberi nama Alm Raja Inal Siregar.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Kepala Badan Otorita Danau Toba Kemenpar Arie Prasetyo, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumut Wan Hidayati, Deputi Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kemenpar Riski Handayani, Sekda Kota Sabang Zakaria MM. (as-01)

Related News

Percepatan Pembangunan Danau Toba Perlu Dukungan

Redaksi

Presiden Berpesan Rumah di Kawasan Danau Toba Dikembalikan Seperti Aslinya

Redaksi

Gubsu Lakukan Ini Setelah Danau Toba Jadi UNESCO Global Geopark

Redaksi