asarpua.com

Pelaksanaan Sail Nias 2019 di Nisel Butuh Anggaran 60 Miliar Rupiah

ASARPUA.com – Nias Selatan-Pelaksanaan Sail Nias yang akan diselenggarakan di Kabupaten Nias Selatan pada tahun 2019 membutuhkan anggaran minimal 60 miliar rupiah.

“Anggaran tersebut diperuntukan untuk membangun sejumlah infrastruktur dan sarana prasarana lain untuk mendukung suksesnya event bertaraf nasional itu,” kata Bupati Nias Selatan Hilarius Duha kepada Wartawan di Rumah Dinas Bupati, Jalan Pancasila, Telukdalam, Selasa, (27/11/2018).

Dia menuturkan, untuk menyukseskan event tersebut, membutuhkan anggaran yang tidak sedikit seperti untuk pengaspalan jalan secara hotmix dari Kota Telukdalam menuju pantai Sorake, Kecamatan Luahagundre, pembangunan drainase (parit) dibeberapa titik kota Telukdalam, penataan kota Telukdalam dan pemasangan lampu jalan dari Kota Telukdalam pada beberapa titik hingga ke Sorake.

Belum lagi sarana pendukung lainnya seperti pembangunan tembok penahan pantai sekaligus penataan pantai Sorake, penambahan alat transportasi dan kebutuhan lainnya yang diperlukan dalam perhelatan tersebut nantinya.

“Memang akan kita tampung juga sebagian dana event itu melalui APBD, namun tidak seperti jumlah anggaran yang dibutuhkan karena anggaran kita terbatas dan masih banyak juga kebutuhan pembangunan prioritas, artinya, kalau hanya mengandalkan anggaran dari APBD terkait pelaksanaan event itu, ya jelas tidak mampu. Kemudian, kita masih belum tahu berapa jumlah anggaran yang akan di berikan dari Pusat maupun propinsi untuk mendukung penyelenggaraan event ini. terpenting kita sudah siapkan proposal tentang pelaksanaan Sail Nias ini dan kita juga sebagai tuan rumah sudah siap melaksanakannya,” jelasnya.

Selain itu, sarana penginapan bagi para tamu dan pengunjung saat pelaksanaan event itu juga  nantinya minimal 400 lebih kamar harus disiapkan.

“Perhelatan ini nantinya direncanakan akan digelar selama 2 minggu  dan akan dirangkai dengan berbagai pagelaran budaya Kepulauan Nias dan lomba surfing serta beberapa kegiatan lainnya, tujuannya ini semua adalah guna meningkatkan kunjungan para wisatawan baik wisatawan nusantara maupun wisatawan Manca Negara muaranya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” pungkasnya. (as-hal)

Related News

Panitia HUT ke-74 RI, Gelar Balap Sepeda Unik

Redaksi

Bupati Nisel Tutup Operasi SBJ-68

Redaksi

DPRD Nisel Minta PLN Tak Padamkan Lagi Listrik

Redaksi