Pasca Terakreditas, UPTD Puskemas Lahusa Tingkatkan Pelayanan

105
KTU UPTD Puskesmas Lahusa, Samsidar Duha, SKM. (Foto. ASARPUA.com/halawa)

ASARPUA.com – Nias Selatan- Setelah terakreditas dasar, Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas Lahusa akan lebih meningkatkan mutu pelayanannya kepada masyarakat. Hal ini dikemukakan Kepala UPTD Puskesmas Lahusa melalui Kepala Tata Usaha Samsidar Duha, SKM didampingi staf UPTD Abiyudi Harefa, kepada sejumlah wartawan, di UPTD Puskesmas Lahusa, Rabu, (13/3/2019).

Ia menjelaskan, mutu pelayanan terhadap pasien sudah maksimal dilakukan pihaknya dan bahkan pelayanan untuk ibu-ibu yang bersalin siap mereka layani selama 24 jam. UPTD Lahusa yang sudah terakreditas dasar bisa melayani rawat inap pasien. fasilatas layanan bagi pasien rawat inap seperti tabung oksigen dan cairan infus sudah tersedia di UPTD. ada 3 tabung oksigen yang tersedia di Puskesmas yakni 1 di ruang gawat darurat, 1 di Mobil Ambulance dan 1 tabung lagi disimpan dalam gudang untuk cadangan, paparnya.

KTU UPTD Puskesmas Lahusa Samsidar Duha saat menunjukan beberapa jenis obat yang tersedia di Gudang Farmasi. (Foto. ASARPUA.com/halawa)

Beberapa obat-obat dan kebutuhan dasar lainnya juga seperti Parachetamol, sirup botol, cairan infus, alkohol, dan beberapa obat lainnya selalu tersedia di UPTD. Sebelum UPTD Puskesmas Lahusa terakreditas, pelayanan terhadap pasien memang belum maksimal termasuk kurang tersedianya obat-obatan dan alat kesehatan serta kurang aktifnya sejumlah tenaga kesehatan. namun, setelah Puskesmas itu terakreditas pada bulan Desember 2018 lalu, pelayanan dan kehadiran para petugas kesehatan
sudah mulai maksimal. intinya, mutu pelayanan akan terus kami tingkatkan, tukasnya.

Ia menambahkan, pasien yang sering dilayani yakni pasien yang mengalami kecelakaan, para ibu hamil, sesak nafas dan sejumlah pasien yang mengalami penyakit lain. Sedangkan, pasien Demam Berdarah (DBD) belum ada mereka tangani dan terkait pencegahannya pihaknya sudah melakukan kegiatan sosialisasi dan promosi kesehatan dan lingkungan kepada warga. tak hanya itu, pihaknya juga sudah membagikan kelambu kepada masyarakat.

Disamping itu, pihaknya juga sangat membutuhkan paling tidak 3 orang tenaga dokter. Untuk lebih maksimal pelayanan kepada masyarakat, kita sebenarnya sangat membutuhkan 3 tenaga dokter sementara dokter yang ada saat ini baru 1 orang yakni dokter umum. selain dokter umum kita juga butuh dokter gigi dan dokter spesialis lainnya, sebutnya.

Ia menerangkan bahwa jumlah tenaga kesehatan yang bertugas di UPTD Lahusa saat ini sebanyak 104 orang terdiri dari 38 PNS, 58 Tenaga Kesehatan Tidak Tetap Daerah (TKTTD) dan 8 Tenaga Kesehatan
Sukarela (TKS). (as-hal)