asarpua.com

Optimalkan Perekaman Data Penduduk, Disdukcapil Sumut Gelar Bimtek

ASARPUA.COM – Medan – Optimalkan perekaman data penduduk di Sumatera Utara (Sumut), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Provsu menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) pendaftaran penduduk dan pengelolaan administrasi kependudukan bagi aparatur kabupaten/kota.

“Bimtek atau dikenal bimbingan teknis, artinya hal-hal yang berkaitan dengan teknis. Sehingga diharapkan setelah acara ini, para peserta yang ikut sudah memiliki keterampilan dan lebih bercaya diri lagi dalam melakukan perekaman dan pencatatan data penduduk,” ujar Kadis Dukcapil Provsu Drs M Ismael Parenus Sinaga MSi saat membuka acara Bimtek, Rabu malam (19/09/2018), di Fave Hotel Jalan S Parman Medan.

Kata Ismael, perekaman penduduk di Sumut masih mencapai 92 persen. Targetnya, diharapkan bisa sesuai dengan permintaan pusat, perekaman sudah harus mencapai minimal 95 persen di akhir tahun 2018. “Untuk itu, harus kita kejar. Untuk mengejarnya, kita perlu berinovasi dan memperkuat keahlian SDM kita yang melakukan pencatatan,” katanya.

Lanjut Ismael, perekaman penduduk semakin urgen untuk dilaksanakan lebih cepat mengingat waktu pelaksanaan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2019 semakin dekat. Diharapkan agar tidak ada masyarakat yang harus kehilangan hak pilihnya akibat masalah perekaman.

Kepada peserta, Ismael berharap untuk memanfaatkan kesempatan tersebut sebaik-baiknya. Sehingga, ketika kembali ke daerah nantinya ilmu yang didapat pada Bimtek ini bisa disosialisasikan di dinas masing-masing dan bisa pula diaplikasikan ke lapangan saat melakukan perekaman.

Sementara itu, Ketua Penyelenggara Bimtek sekaligus Kepala Bidang Fasilitasi Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Provsu Drs Edi Sampurna Rambe MSi mengatakan Bimtek untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan aparat kabupaten/kota. Khususnya dalam bidang pendaftaran penduduk, seperti menerbitkan dokumen kependudukan,” terangnya.

Acara berlangsung selama 3 hari, Rabu (19/09/2018) hingga Jumat (21/09/2018). Peserta berjumlah 66 orang terdiri dari 1 orang Kepala Bidang dan 1 Kepala Seksi yang membidangi pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil di Kabupaten/Kota se-Sumut. Hadir sebagai narasumber Benny Cahyadi SSTP MSi dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri RI. (as-01)

Related News

Walikota Buka Bimtek Rekonsiliasi Aset Tetap & PPLK 2018

Redaksi

Asmum Setdako Medan Buka Bimtek Penilaian Kinerja Guru

Redaksi

Wakil Walikota Tutup Bimtek Smart City Indonesia

Redaksi