asarpua.com

MoU Normalisasi Sei Sikambing dan Sungai Deli Disepakati 

asarpua.co, Medan – Normalisasi Sei Sikambing dan Sungai Deli akan dilaksanakan secepatnya. Pemko Medan, Pemerintah Provinsi Sumut dan Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera II membuat kesepakatan dalam Memorandum of Understanding (MoU) terkait penanganan banjir di Kota Medan.

Demikian hasil pertemuan yang diinisiasi Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Republik Indonesia  di Kantor DPD RI Jalan Gajah Mada Medan, Rabu (11/07/2018). Dhadiri Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution anggota DPD RI Parlindungan Purba, Kepala BWS Sumatera II Roy P Pardede, perwakilan PT Kereta Api Indoensia (KAI), Kadis Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan Khairul Syahnan serta Plt Kabid Drainase Dinas PU Edi Zalman.

Wakil Walikota mengatakan, mengatasi persoalan banjir yang terjadi di Kota Medan perlu adanya keterpaduan semua pihak. Sebab, tanggung jawab Pemko Medan selama ini hanya sebatas drainase sekuder. Sedangkan untuk drainase primer tanggung jawab Pemerintah Provinsi Sumut, sedangkan  sungai merupakan tanggung jawab BWS Sumatera II.

Celakanya papar Akhyar, seluruh sungai yang melintasi Kota Medan tidak pernah dinormalisasi sejak puluhan tahun. Puncaknya terjadi, Minggu (08/07/2018) malam, banjir pun menerpa sejumlah wilayah di Kota Medan. Pasalnya, air hujan yang mengalir ke drainase sekunder tidak dapat dialirkan menuju drainase primer serta sungai sebagai pembuangan akhir.

“Curah hujan yang tinggi menyebabkan terjadinya back water, sebab drainase sekunder tidak dapat mengalirkannya menuju drainase primer dan sungai sebagai pembuangan akhir. Akibatnya air stagnan dan menggenangi jalan maupun rumah penduduk. Penanganan banjir ini harus dilakukan secara terintegrasi dengan baik dan komprehensif,” katanya

Anggota DPD RI Parlindungan Purba yang memimpin rapat langsu

Related News

Peduli Kebersihan Lingkungan Cerminan Diri Insan Bertaqwa

Redaksi

Plt Walikota Kunjungi Mapolrestabes Medan Jalin Silaturahmi

Redaksi

Wakil Walikota Buka Dialog Guru dan Tokoh Lintas Agama

Redaksi