asarpua.com

Mengenang 23 Tahun Lahirnya HMKI 28 Oktober 1995

ASARPUA.com – Medan – Hari ini 23 tahun yang lalu lahirnya Himpunan Masyarakat Karo Indonesia (HMKI). Berawal pada hari Sabtu, tanggal 24 Juni 1995, Roy Fachraby Ginting utusan Formatur Pemuda Merga Silima Propinsi Sumatera Utara datang ke Jakarta dan mengadakan pertemuan-pertemuan dengan beberapa Tokoh Pembina dan Generasi Muda Karo Jakarta yang dilaksanakan di Kampus Universitas Jagakarsa Jakarta. Adapun maksud utusan formatur adalah untuk membentuk Dewan Pengurus Pusat Pemuda Merga Silima, ungkap Drs Murthada Sinuraya di Medan (28/10/2018).

Menurut Murthada yang menjadi Sekretaris Formatur penyusunan pengurus DPP HMKI Periode 1995 -2000 setelah beberapa kali melakukan pertemuan untuk persiapan pelantikan, ternyata ada beberapa pertimbangan yang dipandang lebih strategis untuk kemajuan Masyarakat Karo termasuk masukan dari Bupati Karo, sehingga pembentukan dan pelantikan DPP Pemuda Merga Silima ditunda sampai waktu yang dipandang lebih menguntungkan.

Kemudian personil Pemuda Merga Silima mengadakan pertemuan kembali dengan Pembina dan Pemuka Masyarakat Karo Jakarta yang menghasilkan visi bahwa untuk menghadapi masa depan yang penuh tantangan dipandang perlu ada satu wadah tunggal masyarakat karo Indonesia, lanjut Murthada Sinuraya mantan Anggota DPRD Depok dari Partai Demokrat ini.

Sebagai tindak lanjut diadakan pertemuan dengan Pemuka Masyarakat Karo, Pengusaha, Cendekiawan, Generasi Muda yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 28 Oktober 1995 di Hotel Century Park yang diprakarsai oleh :
1. Ny. Lt Djamin Ginting
2. Ny. Selamat Ginting
3. Dr K Pri Bangun
4. H Kasim Ginting

Masih Murthada Sinuraya politisi Demokrat ini menambahkan bahwa pertemuan tersebut menghasilkan keputusan sebagai berikut :
1. Sepakat untuk membentuk satu wadah Masyarakat Karo yang bersifat Nasional dengan nama Himpunan Masyarakat Karo Indonesia yang disingkat dengan HMKI dengan Anggaran Dasar (AD), Anggaran Rumah Tangga (ART) dan program sementara sebelum adanya AD/ART dan program hasil Musyawarah Nasional.
2. Susunan formatur untuk memilih pengurus DPP HMKI adalah :
1. Ny. Lt Djamin Ginting
2. Ny. Selamat Ginting
3. H Kasim Ginting
4. Ir Rajabana Purba
5. Ir Cerdas Kaban

Formatur menetapkan Susunan Pengurus DPP HMKI defenitif periode 1995 – 2001, diantaranya sebagai berikut :
1. Ir Guapa Malem Tarigan (Ketua Umum)
2. Gelora Tarigan, SH (Sekretaris Umum)
3. Johan Begin Bukit (Bendahara Umum)

NB : Ersentabi kami erbelas, ibas penggelaren Kam kerina Nande, Bapa, Turang Ras Senina, rikut ras si la tertulis gelarna bas sejarah singkat.

Bujur ras Mejuah-juah

Ersada Kita Megegeh
Ersada Kita Teridah
Ersada Kita Meherga
Ras Ersada Kita Tama Beligan, demikian Murthada Sinuraya Caleg DPRD Sumut Partai Demokrat no urut 4 Dapil Sumut 2. (as-01)

Related News

Gubsu Ajukan Pencabutan Perda Kelebihan Muatan Angkutan Barang

Redaksi

Wagubsu Hadiri Raker DPRD Sumut

Redaksi

LPjP APBD 2018 Disetujui, Gubsu Apresiasi Kerja Sama

Redaksi