Mengenal Lebih Dekat DR Budiman Ginting Kandidat Calon Bupati Karo

1199
DR Budiman Ginting bersama istri dr. Maghdalena Br Tarigan MMKes bersama putri tercinta Erika Dinata Kristi Br Ginting 'idatas ture' sebuah rumah adat Karo. (Foto. ASARPUA.com/ist)

ASARPUA.com – Medan – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan digelar untuk Kabupaten/Kota si Indonesia termasuk Kabupaten Karo sudah di depan mata. Menurut informasi dilansir dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) tahapan Pilkada akan dilaksanakan sekitar bulan Oktober 2019. Sehubungan dengan itu beberapa bulan terakhir ini di Kabupaten Karo mulai bermunculan kandidat bakal calon (balon) Bupati Karo yang berminat untuk ikut percaturan menjadi orang nomor satu di Tanah Karo Simalem, satu diantaranya DR Budiman Ginting.

Dalam perbincangan dengan asarpua.com melalui telepon seluler, Sabtu (08/06/2019) pagi, DR Budiman Ginting, alumnus IPB Bogor tahun 1982 ini membenarkan hal tersebut. Dengan keyakinan pasti , ayah dua orang anak ini akan pulang kampung untuk membangun Kuta Kemulihen Tanah Karo. “Saya berniat ikut bertarung dalam Pilkada Karo yang akan dilaksanakan pada 2020 mendatang,” ungkap Budiman Ginting putra Karo kelahiran Kabanjahe, 10 Oktober 1958.

Bermodalkan niat suci, kerja keras, iklas dan peduli Doktor jebolan Fisip Unpad Bandung ini rela meninggalkan kenyamanan yang selama ini sudah terbangun di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (prov Babel) tempatnya selama ini menempa diri menjalani karir sebagai pejabat eselon II di Pemprov Babel yang terkenal dengan ‘sejuta destinasi wisata menarik’. Selama menjadi pejabat eselon II Budiman dianggap oleh pimpinannya seorang yang pekerja keras, low profile, berintegritas dan profesional, sehingga banyak tugas tugas yang diemban berhasil dengan baik serta membuahkan prestasi. Dan tahun 2013 mendapat penghargaan dari Presiden RI, berupa Satya Lencana Pembangunan, atas prestasi dan hasil kerjanya dalam pembangunan.

DR Ir Budiman Ginting, Dipl BE MM (Foto. ASARPUA.com/ist)

Selanjutnya selama tiga periode Gubernur Pemprov Babel, integritas, loyalitas dan kerja keras serta kerja cerdas Budiman Ginting tetap dapat bekerjasama dengan Gubernur terpilih, bahkan menjadi pejabat eselon II andalan Gubernur. Terbukti Budiman dipercaya menjabat sebagai Asisten Perekonomian dan Pembangunan, sejak tahun 2014 beberapa kali dipercaya Gubernur menjabat rangkap jabatan, yaitu:
Merangkap Kepala Bappeda Pemprov Kep Babel Tahun 2017, dan sebelumnya merangkap jabatan sebagai Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Pemprov Babel, selain sering memimpin tim tim kerja mewakili Gubernur.

Diluar kedinasan, Budiman Ginting juga aktif sebagai Dosen Pengajar, dan aktif dipelayanan ke agamaan serta sampai sekarang menjadi Komisaris Utama, salah satu BUMD Pemprov Kepulauan Bangka Belitung sejak tahun 2011.

Sebelum mengakhiri tugas sebagai ASN di bulan November 2018 ,Gubernur langsung merekrut Budiman Ginting menjadi Staf Khusus Gubernur Babel bidang kerjasama sampai sekarang.

Pengalaman, integritas, profesionalisme sebagai ASN telah memberi banyak asam garam, ditempa suka duka lapangan menghadapi berbagai dinamika menjalankan pemerintahan, manajemen pemerintahan dan kepemimpinan. Ditambah lagi pengalaman jenjang pendidikan Doktoralnya dibidang Administrasi Publik, sebagai ilmu yang membidangi proses penyelenggaraan kekuasaan pemerintahan dalam birokrasi, membuat DR. Budiman Ginting, makin baik kapabilitasnya dalam mengelola tata pemerintahan, baik dari segi pengalaman memimpin berbagai dinas.

Dia mampu memecahkan berbagai persoalan lapangan, serta berkoordinasi dalam menjalankan pembangunan baik dengan masyarakat, dunia usaha, maupun pihak pihak pemerintah lainnya, terutama dengan DPRD, ditambah kemampuan konseptual dan membangun gagasan dari sisi teoritik.

Rekam jejak itulah yang membuat Gubernur Babel langsung merekrutnya menjadi satu tenaga ahli membantu Gubernur, dalam menjalankan roda pemerintahan serta pencapaian, misi dan program pokok Gubernur.
Disamping itu, aktif juga berkomunikasi di media sosial, baik melalui WA, Fb, instagram, maupun Blog Pribadi. Banyak Grup WA yang diikuti, salah satunya adalah FK3 (Forum Kita Kalak Karo).

Disamping itu, Budiman Ginting juga turut memprakarsai terbentuknya Ikatan Alumni Karo IPB, dan duduk sebagai penasihat. Aktif memberi pendapat dan solusi penyelesaian kasus pengungsi Sinabung. Terakhir ikut terlibat memperjuangkan revitalisasi jalan Medan Berastagi, bersama ICK Sumut, serta FK3. Demikian juga sampai sekarang ikut memfasilitasi agar jalan Tol Medan Berastagi masuk dalam RPJM Nasasional 2019-2024.

Budiman Ginting menyimpan kerinduan ikut berbuat untuk kebaikan ‘kuta kemulihen’ Taneh karo Simalem, sebagai putra karo, tentulah ingin sekali terlibat dan bertindak kongkrit lebih banyak. Maka kesempatan itu hanya akan bisa dilakukan lebih banyak, apabila terjun langsung memimpin di Kabupaten Karo.

“Dengan motivasi ingin membangun Karo menuju kejayaan nya, maka timbul niat ikut mencalonkan diri, ditambah lagi panggilan dan dorongan dari berbagai elemen masyarakat, teman sesama putra putri Karo, baik dari Kabupaten Karo sendiri, dari Medan, teman teman dari Jakarta, Bogor dan Bandung, serta berbagai daerah di Sumut. Niat baik, tentu berharap hasil yang baikpula untuk kemajuan Kabupaten Karo yang lebih baik lagi, papar Budiman Ginting menyampaikan harapannya. (as-01)