asarpua.com

Manfaatkan Potensi Lokal Wujudkan Kemandirian Pangan

ASARPUA.COM – Medan – Seluruh kepala daerah di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) diharapkan mampu melihat dan memanfaatkan potensi pangan lokal guna mendukung swasembada pangan di daerah ini. Karena kebutuhan pangan ke depan semakin meningkat.

Pejabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Drs Eko Subowo MBA dalam sambutan tertulis dibacakan Staf Ahli Gubsu Bidang Ekonomi, Keuangan, Pembangunan, Aset dan SDA Drs Elisa Marbun pada acara  Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-38, yang dirangkai dengan Peringatan Hari Krida ke-46 dan Bulan Bakti Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumut Tahun 2018 di Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) Jalan Gatot Subroto Medan,  Rabu (05/09/2018).

Eko Subowo juga mengajak seluruh komponen pelaku pertanian agar sekuat tenaga bekerja keras meningkatkan produksi bahan pangan guna dapat memenuhi kebutuhan pangan masyarakat Sumut, maupun membantu pasokan untuk daerah yang membutuhkan. “Dengan mayoritas penduduk yang bermata pencaharian sebagai petani, kita harus yakin bahwa kita mampu memenuhi kebutuhan pangan kita dari produksi sendiri,” katanya.

Tantangan dunia kedepan saat ini, katanya, semakin berat, khususnya masalah pangan yang menjadi isu sangat krusial, dimana jumlah kebutuhan pangan terus meningkat, harga pangan yang fluktuatif, adanya perubahan iklim dan bencana alam, serta sumber daya alam yang semakin terbatas dan terdegradasi.

Untuk mengatasi hal tersebut, lanjutnya, perlu adanya kerja sama seluruh elemen masyarakat. Terutama bersinergi dengan kelembagaan petani, memanfaatkan sumberdaya yang ada dalam membangun pertanian untuk memenuhi kebutuhan pangan, menuju “Sumut Lumbung Pangan”.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumut Dahler Lubis, sebagai panitia penyelenggara mengatakan, peringatan Hari Pangan Sedunia adalah sebuah momentum yang mengingatkan bahwa kekuatan setiap negara ditentukan oleh kemampuannya untuk memenuhi kebutuhan pangan seluruh masyarakatnya. (as-01)

Related News

Pj Gubsu Lepas Jamaah Calon Haji Kloter Pertama

Redaksi

 Pj Gubsu Minta PT Bank Sumut Terus Manfaatkan Peluang dan Beradaptasi

Redaksi

Pj Gubsu Ajak Masyarakat Manfaatkan JKN-KIS Untuk Layanan  Kesehatan 

Redaksi