Listrik Sering Mati di Nisel, Pelanggan Kecewa

38
Kantor PLN Rayon Telukdalam Nisel. (Foto. ASARPUA.com/halawa)

ASARPUA.com– Nias Selatan- Para pelanggan PLN di Kabupaten Nias Selatan (Nisel) kecewa karena listrik di wilayah ini lebih sering mati (padam) ketimbang hidup. Pelanggan juga mempertanyakan keseriusan atas komitmen PLN yang katanya akan memenuhi kebutuhan pelanggan terkait listrik.

Diantaranya, Sabar Duha, Putra Nainggolan, Daniel, dan beberapa pelanggan lainnya yang tidak dapat disebut satu persatu nama mereka kepada Wartawan, Kamis, sangat kecewa dengan kembali sering padamnya listrik di Wilayah Nias Selatan beberapa minggu terakhir ini.

Bahkan kata mereka, dalam sehari listrik mau padam 3 hingga 5 kali. ” akibat sebentar-sebentarnya listrik padam, membuat kami sebagai pelanggan sangat dirugikan dan bahkan aktifitas kami juga terganggu. kalau soal alasan gangguan, logikanya masa tiap hari terjadi gangguan dan lagian sebelumnya sering juga saat cuaca buruk listrik tidak padam. Jadi, pertanyaannya, mengapa akhir-akhir ini listrik kembali sering mengalami pemadaman, sementara sudah ada penambahan kapasitas daya dengan dibangunnya transmisi SUTT Idanoi Gunungsitoli-Telukdalam,”tegas mereka.

Tak hanya itu, alat-alat elektronik dan rumah tangga para pelanggan seperti kulkas, televisi, ricecoucer, Mesin Cuci, dan bahkan bola lampu pelanggan mengalami kerusakan.

Disamping itu, aktifitas para pekerja Pers yang bertugas di Kabupaten Nias Selatan juga ikut terganggu terutama saat mau membuat berita dan mengirim berita ke Redakasi.

Oleh itu, para pelanggan meminta managemen PLN Area Nias terkhusus Rayon Telukdalam, dapat memberikan pelayanan terbaik terhadap pelanggan sehingga para pelanggan merasa tidak dirugikan.

Sementara, pemadaman terparah juga sering terjadi di area Kecamatan Toma dimana kondisi listrik disana ibarat kunang-kunang dimalam hari yakni padam sebentar selang berapa jam hidup kembali.

Seperti halnya pada Rabu, (9/1/2019), listrik tiba-tiba padam sekitar pukul 22.40 WIB dan kembali hidup sekitar pukul 00.25 WIB. lalu, listrik kembali padam pada Kamis, (10/1/2019) sekitar pukul 3.00 WIB dini hari dan hidup kembali sekitar pukul 7.50 WIB dan kembali lagi padam sekitar pukul 8.45 WIB dan hidup kembali sekitar pukul 9.35 WIB.

Padahal, pembangunan transmisi Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) berkapasitas 70 Kv dari Idanoi Gunungsitoli-Telukdalam sudah beroperasi namun pemadaman listrik di Kabupaten Nias Selatan masih terus berlanjut. bahkan di Wilayah Kota Telukdalam sebagai Ibukota Kabupaten Nias Selatan juga tak luput dari pemadaman.

Manager PLN Rayon Telukdalam, Mas Irvansyah saat dikonfirmasi terkait ini, melalui pesan Whatsapp, Kamis, (10/1/2019) hingga pukul 20.30 WIB malam, tidak ada jawaban. (as-01)