asarpua.com

Lanal Nias Gelar Penanaman Mangrove

ASARPUA.com – Nias Selatan – Dalam Rangka Pembinaan Pertahanan Wilayah dan Pemberdayaan Daerah Pesisir Lanal Nias menggelar Acara Penanaman Pohon Mangrove/Bakau yang berlokasi di Pantai Pasir Putih TPI Telukdalam Nisel, Jumat, (14/09/2018).

Kegiatan Penanaman Mangrove/Bakau ini adalah sebagai Wujud Kepedulian TNI Angkatan Laut  terhadap Kelestarian Lingkungan Hidup agar dapat terus terpelihara dan terjaga, dan ini juga merupakan implementasi salah satu Tugas Pokok TNI Angkatan Laut sesuai dengan Pasal 9 Undang-Undang No. 34 Tahun 2004 Tentang TNI yaitu “Melaksanakan Pemberdayaan Wilayah Laut.

Dalam amanat tertulis Komandan Lanal Nias Letkol Laut (P) Dian Poernomo Sidhi, Mtr, Hanla yang dibacakan Palaksa Lanal Nias Mayor Laut (T) Ruruh Prasetya menyatakan bahwa pohon Mangrove memiliki fungsi dan manfaat yang sangat berguna bagi Ekosistem, Air dan Alam sekitar.

“Secara fisik pohon mangrove bermanfaat sabagai penahan abrasi pantai, penahan peresapan air laut, penahan angin, penahan ombak dari gelombang besar, menurunkan kandungan gas karbondioksida di udara dan bahan pencemaran pantai. Secara biologi pohon mangrove berfungsi dan bermanfaat juga sebagai tempat hidup, berlindung, mencari makan, pemijahan, asuhan biota laut seperti ikan, udang dan burung,”ujarnya.

Kabupaten Nisel, sambung dia, merupakan salah satu Kabupaten di Kepulauan Nias daerahnya dikelilingi pantai yang sangat rawan akibat cuaca. Perubahan permukaan air laut secara vertikal disebabkan oleh gempa bumi yang berdampak terjadinya abrasi pantai, sehingga perlu upaya perlindungan pantai sebagai upaya pembangunan Wilayah dan melestarikannya dengan menanam sebanyak 5000 batang bibit mangrove yang bertujuan membantu Pemerintah daerah dengan program penghijauan guna mencegah bencana alam, melindungi garis pantai dari abrasi/pengikisan dan meredam gelombang besar termasuk Tsunami. (as-hal)

Related News

KPU Nisel Tetapkan 10 Persen Jumlah Dukungan Bagi Calon Perseorangan

Redaksi

Pesurfer Asal Afrika Juara QS 3000 Kelas Man’s Nias Pro 2019

Redaksi

Pemkab Nisel Peringati Hardiknas dan Hari Kartini ke-140

Redaksi