Lahar Dingin Terjang 5 Rumah dan 1 Puskesmas di Kuta Mbaru

129
Warga saat meninjau aliran lahar dingin. (Foto. ASARPUA.com/ist)

ASARPUA.com – Tiga Nderket – Curah hujan yang tinggi mengguyur sekitar daerah Gunung Sinabung, menyebabkan terjadi lahar dingin dan mengarah kearah Sabodam yang berada di atas Desa Kuta Mbaru Kecamatan Tiga Nderket Kabupaten Karo.

Hal ini disampaikan Kalak BPBD, Rabu (10/07/2019) pukul 23.00 wib saat mendapat informasi dari kepala desa Kutambaru.

Menurut Martin, lahar dingin ini membawa penuh dengan material bebatuan sehingga aliran lahar dingin tidak mengikuti alur yang sudah ada. Akan tetapi menerobos lokasi yang mengarah kepemukiman warga.

“Sesuai laporan informasi kita dapat dari kepala desa via seluler, bahwa lahar dingin menerjang pemukiman penduduk sebanyak 5 unit rumah dan 1 (satu) unit puskesmas tergenang lumpur. Selain itu informasi juga ada satu orang hanyut terbawa arus lahar dingin an Lidya Br Surbakti. Namun kabarnya selamat dari amukan lahar dingin ini, setelah kita cek ke kadesnya,” sebut Martin.

Akibat lahar dingin ini sementara diprediksi jalan Selandi – Perbaji, jln Kutabuluh di desa Sukatendel dan Jalan Kuta Mbaru sempat tidak bisa di lalui.

“Iya, saat malam ini kita sudah kerahkan anggota kesana untuk melakukan pembersihan jalan dengan menurunkan alat berat dibantu anggota Koramil, Polsek Tiga Nderket dan masyarakat setempat,” tambahnya.

Atas gotong royong ini, akses jalan sementara sudah bisa dilalui,walaupun masih berlangsung pembersihan.

Pembersihan terus akan dilakukan, untuk penanganan lebih maksimal agar aktivitas warga sekitar tidak terganggu, Kamis (11/07/2019). ” Pendataan kerugian sedang dilakukan,” ujar Sitepu. (as-joh).