KPU Karo Terima Berkas Pendaftaran CUAN

346
Ketua KPUD Kabupaten Karo, Gemar Tarigan ST. (Foto : ASARPUA.com/johni sembiringi)

ASARPUA.com – Kabanjahe – Berkas pendaftaran Bapaslon Bupati wakil bupati jalur  Independen Pilkada Karo 2020 atas nama Cuaca Bangun dan Agenn Morgan Purba akhirnya diterima KPUD Kabupaten Karo setelah selesai musyawarah sengketa di Bawaslu Kabupaten Karo.

Ketua Komisi Pemilihan Umum  Daerah (KPUD) Kabupaten Karo ,Gemar Tarigan ST membenarkan telah menerima berkas bakal pasangan calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Karo Cuaca Bangun dan Agen Morgan Purba.

Berkas bapaslon yang maju dari jalur perseorangan (Independen) di Pilkada Karo tahun 2020 itu telah diterima oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karo, pada Minggu, 13 September 2020.

Berkas Bapaslon jalur perseorangan ini  sebelumnya sempat ditolak KPU Karo karena hasil penelitian dokumen persyaratan pencalonan dan persyaratan calon dinyatakan tidak lengkap untuk mendaftar. Kemudian kasus ini bermuara ke Badan Pengawas Pemilu Kabupaten . Hasil  musyawarah penyelesaian sengketa disepakati untuk diterima dengan kesepakatan segera memenuhi persyaratan diamanahkan undang -undang.

“Sudah kita terima berkas Cuan (Cuaca Bangun-Agen Morgan Purba) kemarin tanggal 13 September 2020 untuk diverifikasi,” kata Gemar kepada wartawan di Kabanjahe,  Senin (14/09/2020).

Dikatakannya lagi, walaupun berkas pasangan Cuaca Bangun dan Agen Morgan Purba sudah diterima, belum dapat dipastikan ikut dalam Pilkada Karo 2020. Sama seperti calon lainnya, berkasnya juga masih harus diverifikasi oleh KPU Karo.

Dijelaskannya, untuk empat calon dari Partai Politik berkasnya juga belum seratus persen selesai. Wajib memenuhi kekurangan dimasa perbaikan mulai tanggal 14 sampai 16 September 2020.

Sedangkan untuk pasangan Cuaca Bangun dan Agen Morgan Purba diberi waktu sampai tanggal 18 September 2020 dan untuk tes kesehatan tanggal 15 September 2020,” jelas Gemar.

Baca Juga  Reskrim Polsek Tanjung Morawa Amankan Mobil Pelaku Pencurian

“Kelima calon ini masih bisa gugur kalau administrasinya tidak memenuhi syarat,” tambah  Gemar.

Sekedar mengingatkan,, permohonan Sengketa Pemilihan diajukan pemohon atas nama Cuaca Bangun-Agen Morgan Purba ke Bawaslu Kabupaten Karo telah digelar musyawarah penyelesaian sengketa Pilkada Karo 2020 pada Jumat (11/9/2020) lalu.

Musyawarah dilaksanakan di aula kantor Bawaslu Kabupaten Karo jalan Jamin Ginting gang Cik Ditiro Kabanjahe, mulai pukul 16.00 WIB dan berakhir pada pukul 21.00 WIB malam.

Ketua Bawaslu Kabupaten Karo Eva Juliani Pandai yang dikonfirmasi ASARPUA.com  usai musyawarah tertutup mengatakan, bahwa Bawaslu Karo telah mengelar penyelesaian sengketa dengan agenda musyawarah tertutup.

Dalam berita acara tersebut dituangkan, pihak pemohon, dalam hal ini paslon Cuaca Bangun dan Agen Morgan Purba harus melengkapi kekurangan persyaratan-persyaratan yang diminta oleh KPU Karo. Dan dilengkapi pada tanggal 13 Sepetember 2020. (asarpua)

Penulis: Johni Sembiring.