asarpua.com

Konsisten Rawat Alam, PDAM Tirtanadi Tanam Pohon di Tangkapan Air Sibolangit

ASARPUA.com – Sibolangit – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi Sumatera Utara (Sumut) melakukan penanaman 300 pohon di catchment area (daerah tangkapan air) untuk menjaga kelestarian air baku yang ada di IPA Sibolangit, Deliserdang.

Hal ini dilakukan karena mengingat menjaga mata air untuk kebutuhan air baku menjadi hal yang harus dilakukan secara konsisten. Hal ini berkaitan dengan peningkatan layanan PDAM Tirtanadi selaku perusahaan penyedia air minum bagi masyarakat Sumut.

Direktur Air Limbah PDAM Tirtanadi, Fauzan Nasution mengatakan hal itu saat acara penanaman 300 pohon di kawasan hutan lindung Sibolangit bersama wartawan unit PDAM Tirtanadi Sumut yang tergabung Forum Wartawan Tirtanadi (Forwadi), Rabu (12/08/2020) di Kantor Cabang PDAM Tirtanadi Lau Kaban Sibolangit.

“Mata air dari Sibolangit ini merupakan salah satu sumber air baku PDAM Tirtanadi, volumenya mencapai 600 liter per detik. Dan untuk menjaga debit airnya tetap stabil, sangat diperlukan kelestarian alam salah satunya dengan rutin melakukan penanaman pohon,” kata Fauzan.

Diakuinya, IPA Sibolangit adalah IPA yang pertama kali dimiliki PDAM Tirtanadi sejak tahun 1905 dengan kapasitas 600 liter per detik dan bersumber langsung dari mata air yang disuplai dari tiga desa yaitu Desa Sibolagit, Desa Lau Bengklewang dan Desa Sumbul.

Menurut Fauzan, bisa kita bayangkan ketika sumber air yang ada dari Sibolangit ini menjadi berkurang debitnya, tentu akan berakibat kurangnya pendistribusian air ke Kota Medan.

Sementara itu, Anggota Dewan Pengawas PDAM Tirtanadi, Silmi mengatakan kegiatan penanaman pohon menjadi hal positif yang harus terus dilakukan secara berkala. Menjalin kerjasama yang baik dengan kalangan media mensosialisasikan pentingnya merawat alam dengan menanam pohon menurutnya adalah hal  positif. Media juga menjadi corong PDAM Tirtanadi menginformasikan kinerja pelayanan dan pertumbuhan PDAM Tirtanadi kepada masyarakat dan demikian juga sebaliknya.

“Saya kira apa yang kita lakukan hari ini, terjalinnya kerjasama perusahaan dengan kalangan media semua yang kita kerjakan gaungnya akan baik dan PDAM Tirtanadi semakin maju serta mampu memenuhi kebutuhan air bersih untuk seluruh masyarakat Sumatera Utara,” urai Silmi.

Selanjutnya dilakukan penanaman pohon secara simbolis oleh Direktur Air Limbah Fauzan Nasution, Dewan Pengawas Silmi, Ketua Forwadi Amrizal dan Wakapolsek Pancur Batu AKP P Panjaitan. (asarpua-01)

Related News

Wagubsu Minta Pelayanan Publik Banyuwangi Dijadikan Contoh

Redaksi

Kearsipan Wujudkan Tata Pemerintahan yang Baik

Redaksi

Gawat, Karyawan PDAM Tirta Malem Kabanjahe 9 Bulan Belum Gajian

Redaksi