Kapoldasu Irjen Pol Agus Andrianto : Polisi  Sahabat Anak

61

ASARPUA.com – Medan – Ratusan anak-anak yang terdiri dari siswa SD, TK, dan Paud di Kota Medan diberi kesempatan untuk melihat dan merasakan langsung sensasi menjadi seorang petugas kepolisian di Mapolda Sumut, Minggu (02/11/2018).

Para anak-anak ini, bahkan dengan memakai pakaian Polisi lengkap beserta pakaian adat, menunjukkan kebolehan baris-berbarisnya, layaknya seorang petugas profesional.

Kapoldasu Irjen Pol Agus Andrianto mengatakan, kegiatan ini dilakukan, guna memberikan pendidikan kepada anak-anak di usia belia, bahwasanya Polisi merupakan sahabat bagi anak. Selain itu, kata Jenderal berbintang dua ini, juga dilakukan untuk menanamkan rasa cinta kebangsaan kepada anak sejak dini.

“Masalah kebangsaan harus ditanamkan sejak dini. Jangan sampai, anak-anak lebih mengenal budaya asing dari pada budaya kita sendiri,” ungkapnya kepada wartawan.

Irjen Pol Agus menjelaskan, masalah kebangsaan belakangan ini memang sedang dilanda ujian. Karenanya, Polda Sumut bersama Dinas Pendidikan kota Medan menggelar kegiatan bernuansa wisata kebangsaan tersebut untuk mewujudkan rasa cinta kepada negara ini.

“Jadi jangan hanya mengidolakan superhero luar negeri saja. Padahal kita juga punya cerita-cerita yang bisa dipelajari oleh adek-adek ini semua,” jelasnya.

Menurut Agus, selain menanamkan rasa cintanya terhadap tanah air, kegiatan ini juga bermanfaat kepada masyarakat. Karena juga akan membuka wawasan para orang tua anak, terutama terhadap kepolisian.

“Kita sangat prihatin kalau anak-anak kita malah sampai lupa dengan lagu kebangsaannya. Jadi inilah upaya kita untuk mencoba mendorong seluruh komunitas di Sumut mencintai bangsa dan tanah airnya. Mudah-mudahan bisa diikuti di tempat lain,” pungkasnya. (as-15)