asarpua.com

Kahiyang Ayu Apresiasi Inovasi TP PKK Kelurahan Mangga

ASARPUA.com – Medan – Inovasi olahan keripik kulit dimsum dan kain perca hasil konveksi yang dilakukan TP PKK Kelurahan Mangga, Kecamatan Medan Tuntungan mendapat apresiasi Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu. Meski dinilai sudah bagus namun inovasi yang dilakukan diharapkan dapat ditingkatkan lagi sehingga semakin bernilai guna.

Apresiasi ini disampaikan Kahiyang saat mengunjungi Kantor Lurah Mangga Jalan Tembakau Raya, Kecamatan Medan Tuntungan, Rabu (17/01/2024). Didampingi Tim Supervisi TP PKK Kota Medan, kedatangan ibu tiga anak yang terkenal murah senyum ini dalam rangka penilaian Lomba Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) Tingkat Kota Medan.

“Saya melihat inovasi yang ada seperti olahan keripik kulit dimsum dan kain perca hasil konveksi ini sudah bagus. Kalau bisa, kain perca ini tidak hanya dijadikan kain lap saja tetapi juga tas, daster dan lain sebagainya. Semoga ini dapat ditingkatkan lagi sehingga menghasilkan sesuatu yang bernilai guna meningkatkan perekonomian keluarga,” kata Kahiyang.

Tidak hanya itu, Kahiyang juga menyarankan agar kemasan keripik kulit dimsum dapat dicantumkan nomor handphone. Dengan demikian jika ada warga yang tertarik untuk membelinya, imbuhnya, tentunya dapat dengan mudah menghubunginya. Sedangkan terkait packaging maupun yang lain, wanita kelahiran Solo ini berharap dapat dibantu perangkat daerah terkait sehingga kemasan menjadi lebih menarik.

Terkait kunjungan yang dilakukan, Kahiyang yang hadir didampingi Ketua II Bidang Pendidikan dan Peningkatan Ekonomi Keluarga Isabella Topan Ginting, Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah, Perindustrian, dan Perdagangan Kota Medan Benny Iskandar Nasution dan Camat Medan Tuntungan Berani Perangin Angin menjelaskan, guna mengetahui sejauh mana pelaksanaan serta keberhasilan UP2K di kelurahan se-Kota Medan, termasuk di Kelurahan Mangga.

“Untuk itu perlu dilaksanakan supervisi, monitoring dan evaluasi melalui lomba pelaksanaan terbaik kelompok UP2K dalam rangka Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Tingkat Kota Medan,” jelasnya.

Selanjutnya, Ketua TP PKK Kelurahan Mangga Yohana Optima Manalu memaparkan berbagai program UP2K yang ada di Kelurahan Mangga tersebut. Usai mendengarkan ekspose dan tanya jawab, Kahiyang menyampaikan agar TP PKK Kelurahan Mangga harus memiliki sebuah inovasi dari keunggulan yang ada di Kelurahan Mangga.

“Belajar dari pemenang UP2K Tingkat Kota Medan tahun lalu, Kelurahan mangga harus memiliki inovasi yang berbeda dari kelurahan lainnya seperti memanfaatkan tanaman pandan, kunyit dan sirih (Pakusi) yang ada di Kecamatan Medan Tuntungan agar dapat diolah menjadi sesuatu yang bermanfaat,” ungkap Kahiyang.

Terakhir, Kahiyang mengingatkan, agar dokumentasi kegiatan seperti foto dapat ditampilkan tidak usah terlalu banyak. Selain itu, imbuhnya, menyertakan link dari media sosial yang menampilkan laporan kegiatan tersebut. Lalu, dalam laporan juga diceritakan secara singkat awal memulai usaha yang ada di Kelurahan Mangga. (Asarpua)

Related News

Kenalkan Kearifan Lokal Kota Medan Lewat Metra/Pertunra

Redaksi

Satresnarkoba Polres Belawan Gulung Bandar Narkoba

Redaksi

Plt.Bupati Asahan H Surya BSc Inspektur Upacara Hardiknas

Redaksi