asarpua.com

Hadiri Musrenbangnas 2019, Gubsu: Pusat dan Daerah Harus Sinergi

ASARPUA.com – Jakarta – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2019 dan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2020 yang dibuka secara resmi Presiden RI Joko Widodo di Hotel Shangri-La Jakarta, Kamis (09/05/2019).

Menurut Gubernur harus ada  sinergi antara pemerintah di setiap tingkatan, mulai dari kabupaten/kota, provinsi hingga pusat, untuk menghasilkan pembangunan yang efektif. “Ya memang harus sinergi antara pusat dan daerah. Meskipun untuk kita, mungkin harus  menyesuaikan dengan karakteristik setiap daerah, serta harus disesuaikan juga,” sebut Gubsu ketika diminta tanggapanya tentang Musrenbangnas.

Gubsu juga menyatakan mendukung program pemerintah pusat, khususnya yang berdampak langsung terhadap kesejahteraan masyarakat Sumut. Seperti pembangunan infrastruktur dan mempermudah perizinan untuk investasi.

“Kita butuh infrastruktur yang memadai, juga investasi dari pihak ke tiga untuk membangun daerah, karena itu, ya harus dipermudah,” ujar Edy Rahmayadi.

Edy Rahmayadi yang hadir sejak awal waktu, juga mengikuti serangkaian acara pembukaan Musrenbangnas 2019 hingga diskusi publik yang diisi oleh Kementerian Koordinator  seperti Luhut Panjaitan (Menko Maritim), Puan Maharani (Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan), Darmin Nasution (Menko Ekonomi) hingga mewakili Wiranto dari Menkopolhukham. Sedangkan Gubernur didampingi Pelaksana Kepala Bappeda Sumut Azmi.

Sementara itu, Presiden RI Joko Widodo ketika membuka secara resmi Musrenbangnas 2019 dan RKP 2020 menyampaikan ada beberapa masalah yang harus diselesaikan agar Indonesia menjadi 5-4 besar negara dengan ekonomi terkuat di dunia. Yaitu masalah pemerataan infrastruktur, reformasi struktural dan birokrasi, dan penyelesaian masalah perizinan. (as-01)

Related News

Pemprovsu Dukung Pengembangan Sekolah Ramah Anak

Redaksi

Sekda Kota Medan Hadiri PLH Sumut 2019

Redaksi

Soekirman Hadiri Ultah ke-13 Rumah Datuk Pengembara 

Redaksi