Gubsu: Pendidikan Punya Peran Penting Majukan Negara

37
Gubsu) Edy Rahmayadi saat menghadiri Milad ke 68 Yayasan Universitas Islam Sumatera Utara (UISU), Milad ke 67 UISU, Milad ke 67 Fakultas Hukum UISU, Milad ke 61 FKIP UISU. (Foto. ASARPUA.com/humpes)

ASARAPUA.com – Medan – Pendidikan memiliki peran yang sangat penting bagi perkembangan dan kemajuan sebuah negara. Karena itu, pendidikan menjadi salah satu yang prioritas untuk dibenahi, dalam membangun negara yang besar dan maju.

“Kalau kita mau maju, pendidikan yang harus kita benahi seperti negara Jepang. Karena pendidikan lah yang bisa membuat negara kita besar,” ujar Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi saat menghadiri Milad ke 68 Yayasan Universitas Islam Sumatera Utara (UISU), Milad ke 67 UISU, Milad ke 67 Fakultas Hukum UISU, Milad ke 61 FKIP UISU, serta Pengukuhan Guru Besar Profesor Roswita Sitompul SH MHum PhD, di Auditorium UISU Lantai III Kampus UISU Jalan SM Raja Teladan, Medan, Senin (07/01/2019).

Gubsu mengatakan dirinya memiliki ikatan emosional yang kuat dengan kampus UISU. Pasalnya, di masa lalu, sebelum memasuki Akademi Militer, Edy pernah berkuliah selama setahun di Fakultas Hukum UISU. Jadi, katanya, dirinya menaruh harapan besar pada UISU agar turut memperbaiki Sumut lewat pendidikan.

Dalam kesempatan itu, Edy juga menyampaikan pujian dan rasa bangganya kepada para mahasiswa. Dikatakannya, sejarah menjadi bukti bahwa mahasiswa miliki peran besar dalam mempertahankan keutuhan negara ini.

“Untuk itu, berikan kebebasan bagi mahasiswa bersuara. Tetapi tentunya dengan cara-cara yang beradab. Karena mereka lah salah satu kelompok yang sangat peduli dengan negara kita ini. Jangan sampai, mahasiswa-mahasiswa penerus bangsa kita memiliki cara pandang yang tertutup dan apatis,” ucapnya.

Sementara itu, Rektor UISU Prof Dr Mhd Asaad MSi menuturkan bahwa UISU memiliki visi untuk menjadikan UISU sebagai universitas berbasis riset pada tahun 2042 dan menjadi perguruan tinggi unggul bertaraf internasional pada tahun 2026. (as-01)