asarpua.com

Gubsu Kunjungi Korban Banjir, Sungai akan Dieksplor

ASARPUA.COM – Medan – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi meninjau langsung kondisi pemukiman warga di bantaran Sungai Babura Medan, Selasa (18/09/2018), sekaligus menggelar rapat bersama pemerintah daerah terkait. Penanganan banjir yang menimpa masyarakat di beberapa tempat di Sumut akan dimulai dengan eksplorasi sungai dari hulu ke hilir.

“Tentu ini harus diselesaikan, karena selama ini tidak diatasi, ini akan banjir terus. Kita mau tahu bagaimana kondisi sungai di Medan, Deli Serdang sampai Karo. Kita akan panggil kepala daerah,” ujar Gubernur Edy Rahmayadi saat berdiskusi di pinggir Sungai Babura, Kelurahan Beringin, Medan Selayan, didampingi Walikota Medan Dzulmi Eldin, Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan, Kepala BWSS II Sumut Roy Pardede, serta sejumlah pejabat.

“Saya minta kabupaten/kota (Medan, Deli Serdang dan Karo) sampaikan data yang jelas (tentang kondisi sungai) dan benar,” sebut Edy, singkat sembari terus memperhatikan kondisi permukiman yang sebelumnya juga sudah ia datangi saat masih banjir.

Menurut Gubernur, pilihan rapat langsung di lokasi terjadinya banjir merupakan satu langkah yang tepat guna membahas penanganannya ke depan. Karena untuk menemukan titik persoalannya, perlu dibahas dan bersama lintas daerah yang dilintasi sungai, baik Sungai Babura, Sungai Deli dan sungai lainnya yang selalu meluap dan menyebabkan banjir di sekitarnya, saat curah hujan tinggi di bagian hulu khususnya.

Walikota Medan Dzulmi Eldin yang juga ikut mengunjungi korban banjir bersama Gubernur, menyebutkan bahwa seluruh sungai yang ada di Kota Medan nantinya akan ditelusuri. Karena selama ini, banjir yang terjadi belum juga ada solusi agar warga tidak mengalami kerugian terus menerus. (as-01)

Related News

Panglima TNI dan Kapolri di Medan, Gubsu Ingin Kedamaian Tetap Terjaga

Redaksi

Wakil Walikota Medan dan Gubsu Arungi Sungai Deli

Redaksi

Jangan Usik Keharmonisan dengan Ide Wisata Halal Danau Toba

Redaksi