asarpua.com

Gubsu Harap Koperasi Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

ASARPUA.com – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi berharap keberadaan koperasi dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Sehingga manfaat koperasi dapat dirasakan secara nyata oleh masyarakat Sumatera Utara (Sumut), bukan hanya sekadar menampung tenaga kerja.

Semua pihak terkait harus bergandengan tangan dan bersama-sama menghidupkan koperasi di daerah ini. “Mari kita bergandengan tangan. Saling mendukung untuk menghidupkan keberadaan koperasi, khususnya di Sumatera Utara. Keberadaan koperasi ini harus benar-benar dirasakan masyarakat,” ujar Gubsu pada puncak peringatan Hari Koperasi ke-71 tahun 2018 Tingkat Provsu, Kamis (25/10/2018) di Hotel Danau Toba Medan.

Edy Rahmayadi menyampaikan, berdasarkan laporan dari Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Sumut, keberadaan koperasi nasional hanya menyumbang 4,48 % untuk perekonomian negara. Sementara di negara lain bisa menyumbangkan hingga 20 % kepada negara.

Pemerintah Provinsi (Pemprovsu), kata Edy, siap mendukung pengembangan koperasi, khususnya di Sumut. Dengan harapan, koperasi bisa mengubah infrastrukturnya dan memiliki program yang jelas. “Kita akan keluarkan dana jika program dari koperasi itu jelas. Kita juga ajak pihak perbankan dan kabupaten/kota untuk itu,” sebut Edy.

Ketua Dekopin Sumut Jabmar Siburian pada kesempatan itu mengatakan, keberadaan koperasi secara nasional hanya bisa berkontribusi 4,48 % terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Namun dari segi penyerapan tenaga kerja mencapai 95 % kontribusi koperasi dan UKM terhadap tenaga kerja di Indonesia.

Hadir pada kesempatan itu unsur Forkopimda Sumut, Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution dan para bupati/walikota se Sumut, pimpinan perbankan, para penggiat koperasi, dan pengurus Dekopin Sumut. (as-01)

Related News

Gubsu akan Tandatangani Komitmen Pencegahan Korupsi dengan KPK

Redaksi

Gubsu Kunjungi SMAN 2 Balige Bersama Ketua PKK

Redaksi

Pendapatan Daerah ProvsuTerealisasi 97,43%, Gubsu Sampaikan Apresiasi

Redaksi