asarpua.com

Gubsu Berjanji ke Depan akan Lebih Baik

ASARPUA.com – Medan – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) di Kantor BPK Perwakilan Sumatera Utara, Jalan Imam Bonjol Medan, Rabu (19/12/2018). LHP diserahkan langsung oleh Anggota V BPK RI Isma Yatun. Gubsu berjanji ke depan akan lebih baik.

Selain kepada Gubernur, LHP juga diserahkan kepada Ketua DPRD Sumut dan 13 pimpinan DPRD Kabupaten/Kota se Sumut, serta 11 kepala daerah kabupaten/kota se Sumut. LHP yang disampaikan BPK tersebut meliputi LHP kinerja, pemeriksaan dengan tujuan tertentu, pemantauan penyelesaian kerugian daerah semester II 2018, serta pemantauan tindak lanjut rekomendasi hasil pemeriksaan per 30 November 2018 .

Gubsu mengatakan, sebagai “komandan”, dirinya akan bertanggungjawab atas laporan hasil pemeriksaan yang diserahkan BPK. “Nanti kita perbaiki ini semua, karena baiknya ini adalah baiknya rakyat Sumatera Utara dalam rangka mewujudkan kesejahteraan, kemakmuran dan pastinya berdampak positif untuk bangsa yang kita cintai ini,” ujar Gubsu.

Edy Rahmayadi juga mengapresiasi program dana desa yang telah berjalan selama ini. Dana desa yang jumlahnya begitu signifikan ketimbang di masa lalu itu, sangat membantu pemerintah daerah dalam pembangunan desa. Apalagi visi misi Gubsu saat ini adalah membangun desa menata kota. Meski begitu, hal tersebut memerlukan pertanggungjawaban yang sangat besar.

Anggota V BPK RI Isma Yatun mengatakan, penyerahan laporan dan hasil pemantauan merupakan wujud komitmen bersama untuk memenuhi ketentuan perundang-undangan. “Setiap hasil laporan pemeriksaan BPK disampaikan kepada lembaga perwakilan seperti DPR, DPRD, kepada pemerintah seperti presiden, gubernur, bupati dan walikota untuk ditindaklnajtui sesuai kewenangannya masing-masing,” katanya.

Disebutkannya, rata-rata penyelesaian tindak lanjut yang dilakukan Pemprovsu dan kabupaten/kota atas rekomendasi hasil pemeriksaan BPK sebesar 77,63 persen. Persentase tahun ini merupakan yang paling tinggi dan cukup signifikan dari 50 persen pada tahun 2015. (as-01)

Related News

Kunker ke Pakpak Bharat, Gubsu Motivasi Warga

Redaksi

Haul Syekh Besilam, Gubsu Janji Jadikan Babussalam Destinasi Wisata Religi

Redaksi

Gubsu Adukan Nasib Petani di Kaki Sinabung kepada Menteri Pertanian

Redaksi