Festival Drum Band Konser Kreatif, SD Sint Yoseph Juara Umum

89
Wakil Bupati Karo berfoto bersama peserta Drum Band dari SD Sint Yoseph Kabanjahe yang meraih 4 juara kategori lomba yaitu Juara Satu Penampilan Terbaik, Juara Satu Percussion Line, Juara Satu General Effect, Juara Satu Horn Line. (Foto. ASARPUA.com/joh)

ASARPUA.com – Tanah Karo – Festival Drum Band Konser Kreatif antar pelajar tingkat SD, SMP dan SMA sederajat se Kabupaten Karo sebagai salah satu rangkaian acara Hari Jadi ke 73 Kabupaten Karo berlangsung sukses dan meriah.

Acara digelar di halaman Taman Kota Kabanjahe di depan Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Karo Jalan Veteran Kabanjahe, Jumat – Sabtu (08-09/03/2019). Acara yang dihadiri Wakil Bupati Karo Cory S Sebayang juaranya didominasi oleh Perguruan Katolik yang memang terkenal sejak puluhan tahun dengan pembinaan Marching Ban/Drum Band

Concert Creative besutan Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Kabupaten Karo menyedot paling banyak penonton. Penontonnya tidak saja dari kalangan pelajar tetapi juga para orang-orang tua ikut terpukau menyaksikan penampilan mayoret-mayoret keren dan kece-kece. Terik panasnya mata hari sedikitpum tidak membuat pengunjuk ingin beranjak dari lokasi.

Ketua Pengurus Kabupaten Persatuan Drum Band Indonesia (Pengkab PDBI)  Kabupaten Karo Munarta Ginting SP disela-sela acara kepada ASRPUA.com mengatakan bahwa event ini digelar berdasarkan inisiatif dari seluruh pengurus dan para pelatih. “Dana panitia pelaksana termasuk segala kebutuhan pendukung berupa piala dan penyediaan Piagam juga melulu dari “kocek” pengurus,” kata dia.

“Acara dilaksanakan untuk memupuk rasa persahabatan, kekeluargaan, kebersamaan, tanggungjawab, sportifitas dan kreativitas. Selain itu diharapka dapat meningkatkan mutu, prestasi dan kemampuan marching band di tingkat Kabupaten, Nasional dan Internasional,” kata Ginting.

Ditambahkannya, dengan adanya konser kreatif ini diharapkan dapat menggairahkan lembaga-lembaga pendidikan dari tingkat dasar sampai sekolah menengah untuk membentuk sebuah Drum Band. Menjadikan PDBI Kabupaten Karo sebagai suatu lambang suppremasi dibidang Drum Band di NKRI. Memperdalam serta menghayati unsur seni pada umumnya seni musik pada khususnya yang sangat dominan dalam kegiatan Drum Band.

“Kita sudah mengajukan usulan ke Pengurus Propinsi agar volume kegiatan Festifal Consert Creative dapat ditingkatkan. Untuk Kabupaten Karo sendiri kami sudah merencanakan agar kegiatan seperti ini dilakukan secara berkelanjutan,” ujar Munarta mengakhiri perbincangan.

Hasil akhir tingkat Sekolah Dasar, Juara I dari SD Sint Yoseph Kabanjahe, Juara II SD Gema Nada Ibtihadiah Berastagi. Juara III SD Xaverius Kabanjahe, Juara harapan I dan II SD Negeri 3 Berastagi dan SD Siar Nads Alwaslyah Kabanjahe.

Penampilan Terbaik I, II dan III  “Horn Line ” masing-masing SD Sint. Yoseph Kabanjahe, SD Gema Nada Ibtihadiah Berastagi dan SD Xaverius Kabanjahe.

Penampilan Terbaik I,II dan III “Field Commander” masing -masing SD Xaverius Kabanjahe, SD Siar Nada Alwaslyah Kabanjahe dan SD Negeri 3 Berastagi.

Penampilan Terbaik I, II dan III “Percussion Line” masing-masing SD Sint Yoseph Kabanjahe, SD Neg.3 Berastagi dan SD Gema Ibtihadiah Berastagi.

Penampilan Terbaik I, II dan III “General Effect” SD Sint. Yoseph Kabanjahe, SD Gema Nada Ibtihadiah Berastagi dan SD Xaverius Kabanjahe.

Pemenang tingkat sekolah lanjutan, Juara I, II dan III adalah SMP Santa Maria Kabanjahe, SMP Gita Swara Cendikia Bunaya dan SMP Santo Xaverius1 Kabanjahe. Untuk juara harapan I dan II SMP Maria Goretti Kabanjahe dan SMP Kemala. Bhayangkari 2 Kabanjahe.

Pemenang Penampil Terbaik I, II dan III ” Horn Line” masing-masing SMP Santa Maria Kabanjahe, SMP Gita Swara Cendikia Bunaya dan SMP Maria Goretti Kabanjahe.

Pemenang Penampil Terbaik I, II dan III “Fiel Commander” adalah SMP Santa Maria Kabanjahe, SMP Gita Swara Cendikia Bunaya dan SMP Maria Goretti Kabanjahe.

Pemenang Penampil Terbaik “Percussion Line” juara I,II dan III adalah SMP Santa Maria Kabanjahe,SMP Gita Swara Cendikia Bunaya dan SMP Santo Xaverius 1 Kabanjahe.

Pemenang Penampil Terbaik I, II dan III “General Effect” adalah SMP Gita Swara Cendikia Bunaya, SMP Santa Maria Kabanjahe dan SMP Santo Xaverius Kabanjahe.

Pemberian bingkisan hadiah berupa Piala, uang pembinaan sertiticat atau piagam bagi para pemenang dilakukan pada saat acara penutupan. (as-joh).