asarpua.com

Dua Peserta Sumut Masuk Semifinal Musabaqah Maqalah Al Qur’an

ASARPUA.COM – Medan – Dua orang peserta asal Sumatera Utara golongan Putra nomor 002, atas nama Muhammad Handika Surbakti dan Golongan Putri nomor 001, atas nama Andini Aprillia masuk semifinal Cabang Musabaqah Maqalah Al Qur’an (M2IQ). Keduanya masuk ke babak semifinal setelah bersaing dari 54  peserta golongan putra dan putri.

Dr Akhyar Zein MA selaku pembimibing merasa bersyukur keduanya dapat masuk ke babak semifinal. “Selain saya juga ada pak Dr Watni Marpaung MA, dosen FKM UINSU yang membimbing dan persiapannya setahun lebih,” kata Akhyar Zein, dosen Pasca Sarjana UIN, di Akademi Pariwisata Gedung Sumekto Djajanegara Jalan RS Haji Pancing, Rabu (10/10/2018).

“Mereka ini bukan hanya untuk MTQ tetapi seorang penulis. Mereka bersungguh sungguh mengumpul data, bahan belajar dan latihan,” ujarnya.

Dengan masuknya mereka ke semifinal, Akhyar Zein berharap bisa memberikan yang terbaik dan mengharumkan nama Sumatera Utara. “Harapan yang terbaik tentunya mengharumkan nama Sumut tapi ini juga nasib,” ujarnya.

Ketua Dewan Hakim M2IQ, Prof. Dr H. Darwis Hude mengatakan, dari 56 peserta provinsi akan dinilai dan diambil dari golongan putra 6 orang dan golongan putri 6 orang yang akan masuk semifinal. “Untuk final dari 6 golongan putra dan putri akan dinilai masing masing 3 peserta untuk final,” ujarnya.

Di final nanti, lanjut Prof Darwis, tiap peserta akan mempresentasikan makalah yang dibuat dan akan ditanya oleh Dewan Hakim. Dari 3 peserta di final akan ditentukan siapa yang menjadi juara 1, 2 dan 3.

“Di final nanti mereka akan mempresentasikan tulisannya dan akan ditanya Dewan Hakim seperti apa gagasan mereka. Mereka akan mempresentasikan, menyampaikan pikiran mereka dalam eksplorasi ayat- ayat al Qur’an dengan dua tema yaitu ketahanan keluarga dan revolusi mental. Kalau tidak tulisan mereka sendiri nanti akan ketahuan,” kata Darwis.(as-01)

Related News

Masriah Juara Tilawah MTQ Internasional Kuala Lumpur Hadir di MTQN XXVII

Redaksi

Qori Sulawesi Tengah Tampil Memukau di Panggung MTQN XXVII

Redaksi

Peserta Sumut Cabang Syarhil Quran Tampil Memukau

Redaksi