asarpua.com

Dirjen Otda Kemendagri Buka Rakernas APEKSI XIII Tahun 2018 di Tarakan

ASARPUA.COM –Tarakan – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia Tjahjo Kumulo diwakili Dirjen Otonomi Daerah Soni Sumarsono membuka Rapat Kerja Nasional (Rakenas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) XIII Tahun 2018 di Hotel Tarakan Plaza, Jalan Kol L Yos Sudarso, Kota Tarakan, Kalimantan Utara, Rabu,  (25/07/2018).

Diharapkan, melalui Rakernas ini seluruh kota dapat maju bersama dengan melihat potensi yang dimiliki masing-masing kota.

Dihadapan kepala daerah yang berasal dari 98 kota di Indonesia, Direjen Otda menyampaikan apresiasi dan dukungan atas tema yang diusung kali ini yakni, Penguatan Kerjasama Antar Daeah Dalam Mengoptimalkan Potensi Daerah”. Dikatakannya, tema yang diangkat itu sangat baik namun diingatkannya agar kerjasama yang dilakukan tidak hanya sebatas kota dengan kota. Contoh kerjasama yang dilakukan Pemko Surabaya dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

 Dengan kerjasama yang dilakukan itu, jelas Soni, Kota Surabaya kini lebih baik dan semakin maju lagi.  Karenanya, Soni ingin seluruh pemerintah kota yang tergabung dalam APEKSI dapat mengikuti jejak yang telah dilakukan Pemko Surabaya tersebut.

Sebelumnya, Ketua APEKSI Airin Rachmi Diani berharap melalui rakernas ini seluruh kota yang tergabung dalam APEKSI dapat maju bersama-sama dengan melihat potensi yang  dimiliki dari daerah masing-masing.

Sementara itu Walikota Medan Dzulmi Eldin didampingi Asisten Pemerintahan Setdakot Medan Musadad Nasution dan Kabag Hubungan Kerjasama M Rivai Nasution mengatakan, Rakernas APEKSI merupakan ajang silaturahmi antar walikota di seluruh Indonesia.

Eldin mengungkapkan, saat ini tercatat 93 kota dan 5 kota administrasi di seluruh Indonesia yang tergabung dalam APEKSI. Dalam setiap menggelar rakernas, jelas Eldin, masing-masing Wali Kota, termasuk dirinya akan menyampaikan kemajuan apa yang telah dicapai, produk unggulan maupun program inovatif kepada Walikota lainnya.

“Artinya melalui Rakeras APEKSI ini, masing-masing Walikota dapat tukar informasi tentang pembangunan maupun pengalaman yang dimiliki dalam upaya memajukan kota. Di samping keunggulan juga menyampaikan kendala,” jelas Eldin. (as-01)

Related News

Hujan Deras Medan Banjir, Walikota Pantau Genangan Air

Redaksi

Walikota Hadiri Perayaan HUT Bhayangkara ke 73

Redaksi

Walikota Dukung Pengembangan Wisata Kota Medan

Redaksi