asarpua.com

Danlanal Nias Jadi Pemateri Bagi 45 Calon Paskibra Nisel

ASARPUA.COM – Nias Selatan – Komandan Lanal Nias Letkol Laut (P) Dian Poernomo Sidhi, Mtr. Hanla diwakili oleh Pgs. Palaksa Lanal Nias Mayor Laut (T) Ruruh Prasetya jadi  Pemateri (Nara sumber) bagi 45 calon Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kabupaten Nias Selatan (Nisel) berlangsung di Hotel Yonas, Jln. Pasir Putih Telukdalam, Senin, (06/08/2018) malam.

Materi yang disajikan kepada 45 siswa terbaik hasil seleksi dari sekolah SMU/SMK se-Kabupaten Nisel yakni tentang Makna Bendera Pusaka dan Lagu Indonesia Raya.

Mayor Ruruh mengatakan, tujuan penyampaian materi ini kepada calon Paskibra adalah agar mereka memahami arti penting makna bendera pusaka dan lagu Indonesia Raya sehingga selalu bersemayam dalam diri mereka.

Selain itu, lanjutnya, rasa Kebangsaan dan Patriotisme juga harus selalu tertanam dan terjaga dalam diri para calon Paskibra.

“Artinya, tidak hanya saat menjalankan tugas sebagai petugas Paskibra saja rasa dan jiwa patriotisme itu tertanam dalam jiwa, namun dalam kehidupan sehari-hari juga harus selalu tertanam dalam sanubari termasuk dalam sanubari generasi muda Nias Selatan seluruhnya,” pungkasnya.

Dia menjelaskan, Bendera Pusaka memiliki nilai penting dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia karena saat dikibarkan pertama kali ketika Proklamator Ir. Sukarno dan Drs. M. Hatta membacakan Teks Proklamasi Kemerdekaan Bangsa.

“Dan itu sebagai bukti bahwa Bangsa Indonesia sudah terbebas dari belenggu penjajahan bangsa asing. sedangkan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dikumandangkan pertama kali pada saat Kongres II Pemuda pada Tahun 1928 dan memiliki makna sebagai Identitas Negara kita tercinta ini,”paparnya.

Lagu Indonesia Raya itu harus selalu berkumandang agar jiwa kebangsaan tidak pernah luntur termakan zaman dan pengaruh budaya luar.  

Kedua identitas Negara tersebut tidak boleh dilupakan bahkan tidak boleh hilang dalam sanubari para generasi penerus Bangsa.

Hadir Danki Paskibraka Letda Laut (S) Heru Asmoro, Kasi Kebudayaan dan olahraga Disbudparpora Nisel, Harmonis Fau SE, Pembina Paskibra Kabupaten Nias Selatan, Veronika  Sarumaha. (as-hal)

Related News

Anggota DPRD Nisel Terpilih dari PSI akan Kembalikan Pin Emas

Redaksi

Tahun 2019, Disdik Nisel Anggarkan Rp40 M Pembangunan Sekolah

Redaksi

Camat Teluk Dalam Ikuti Musrenbang Kecamatan di Baga Hotel Lagundri

Redaksi