asarpua.com

Caleg Hanura Eko Afrianta Sitepu, Dengarkan Keluhan Warga Terkait Irigasi Kecamatan Munte

ASARPUA.com – Munte – Eko Afrianta Sitepu Calon Legislatif (Caleg) DPRD Kabupaten Karo No. Urut 1 Derah Pemilihan 4 dari Partai Hanura menggelar sosialisasi mendengarkan keluhan warga terkait pendangkalan atau sediman irigasi di Desa Munte, Kecamatan Munte, Kabupaten Karo, Selasa (02/04/2019).

Sedimentasi atau pendangkalan irigasi yang menjadi keluhan warga Kecamatan Munte karena tidak berfungsinya dengan maksimal saluran pengairan  tersebut yang selama ini menjadi satu-satunya sumber pengairan ratusan hektar sawah masyararakat di Kecamatan Munte yang sejak puluhan tahun lalu terkenal dengan julukan ‘Beras Munte’ itu.
Mendengar  keluhan dan laporan masyarakat saat itu juga Eko Afrianta Sitepu melakukan peninjauan langsung ke lokasi irigasi ditemani tim dan warga masyarakat Munte. Eko Afrianta Sitepu menyaksikan langsung Irigasi sepanjang kurang lebih 7 km terlihat dipenuhi  semak dan lumpur.  Akibatnya air tidak mengalir secara normal. Ironisnya saat hujan deras turun air bahkan sampai meluber ke jalan melintasi pemukiman warga hingga membanjuri rumah warga sekitar.
“Irigasi yang tak berfungsi tidak berfungsi secara maksimal tidak mampu mengairi sawah warga Kecamatan Munte yang terhampar  luas mencapai ratusan hektar.  Akibatnya beberapa tahun belakangan ini alih fungsi lahan pun terjadi, warga tidak lagi menanam padi tetapi beralih menanam jagung atau tanaman keras lainnya yang tidak membutuhkan pengairan rutin,” keluh Pak Purba warga Munte yang ada dilokasi.
Gerak cepat dan kepedulian Eko Afrianta Sitepu kader muda Partai Hanura yang maju menjadi Caleg untuk Kabupaten Karo yang komit memperjuangkan kehidupan masyarakat pedesaan dan pertanian mendapat apresiasi positif dari warga masyarakat Kecamatan Munte.
“Kita mengapresiasi penuh apa yang menjadi komitmen Eko Afrianta Sitepu Caleg Hanura nomor urut 1 dari Dapil 4 yang sejak awal  menunjukkan kepeduliannya pada nasib kami masyarakat desa yang mengandalkan hidup dari sektor pertanian,” kata Pak Sembiring Warga Munte yang ikut ke lokasi irigasi.
Dalam kesempatan itu Eko Afrianta Sitepu menanggapi keluhan warga dengan lembut seraya mengatakan kalau irigasi ini mengalami sedimentasi atau pendangkalan yang agak parah sehinggga tidak berfungsi secara normal. “Bahkan bisa dikatakan hanya berfungsi sekitar 20 persen sehingga kalau hujan deras pemukiman warga yang ada di bawah kebanjiran. saya sangat miris dengan kondisi ini,” kata Eko Afrianta Sitepu yang sejak kecil digembleng dengan didikan tegas tentang rasa kepedulian kepada sesama dari kedua orangtuanya.
Rasa kepedulian itu kini mendarah daging dalam diri Eko Afrianta Sitepu sehingga dia berusaha mewujudkannya dalam kerja nyata,  berkecimpung didunia politik di Partai Hanura, Caleg Nomor Urut 1 dari Dapil 4 pada Pemilu 17 April 2019 untuk DPRD Kabupaten Karo.
“Semoga apa yang saya dengar dan lihat hari ini dapat ditindaklanjuti dan nantinya bermanfaat bagi masyarakat,” kata Eko Afrianta Sitepu ayah satu anak ini seraya menambahkan agar warga Kecamatan Munte jangan lupa 17 April 2019 datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk menggunakan hak pilihnya.
Selain peduli kehidupan masyarakat dan pertanian Kabupaten Karo Eko Afrianta Sitepu juga menunjukkan  kepedulian pada generasi muda Karo dengan menggelar Eko Afrianta Sitepu Turnamen I Sepak Bola yang saat ini sudah memasuki babak perempat final. “Kegiatan ini untuk merangsang para generasi muda pemilih pemula pada Pemilu 2019 untuk mencintai olahraga hidup sehat menjauhi narkoba,” kata putra dari salah satu tokoh sahabat pedagang di Kota Medan dan Tanah Karo Rajendra Sitepu ini.
Sementara Tania Depari Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi Portal Berita ASARPUA.com bersama Evarina Pelawi dan Johni Sembiring, Moral Sitepu, Rusdyaman selaku tim media Eko Afrianta Sitepu Caleg Nomor Urut 1 dari Dapil 4 Partai Hanura mengatakan kepedulian Eko Afrianta Sitepu kepada kehidupan petani dan kemajuan pertanian di Karo tidak diragukan lagi dan dapat diandalkan karena Eko Sitepu terlahir dan besar dari keluarga petani.
“Semoga kepedulian ini menjadi modal dasar Eko Afrianta Sitepu Caleg nomor urut 1 Dapil 4 Partai Hanura mendapat kepercayaan dari masyarakat yang ada di Dapil 4 yakni Kecamatan Munte, Kecamatan Payung, Kecamatan Naman Teran dan Kecamatan Tiganderket dan Kecamatan Kuta Buluh duduk menjadi Anggota DPRD Kabupaten Karo periode 2019-2024,” pungkas Tania Depari wartawan senior yang juga penulis buku ini menyampaikan harapan dan doanya untuk Eko Afrianta Sitepu. (as-01/joh/man)

Related News

Tidak Cukup Bukti: Tim Saber Pungli Nisel Hentikan Kasus OTT di Dinsos

Redaksi

Tim Elang Opsnal Intelmobsu Terima Penghargaan dari Dansat Brimob Poldasu

Redaksi

Kepulauan Nias Jadi Kluster Baru Penyebaran Covid-19 di Sumut

Redaksi