asarpua.com

Bupati Nisel Serahkan Bantuan kepada Ahli Waris Bencana Longsor Gomo

ASARPUA.com – Nias Selatan – Bupati Nias Selatan, Hilarius Duha, pada Kamis, (24/01/2019) di Aula Kantor Bupati Nisel Jalan arah Lagundri-Sorake Km 5, Telukdalam,  menyerahkan bantuan sosial (Bansos) berupa uang kepada dua orang ahli waris korban bencana longsor di Desa Sukamaju Mohili, Kecamatan Gomo, yang terjadi pada tanggal 10 November 2018 lalu.

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Bupati didampingi Direktur Tindak Pidana Pencucian Uang pada Deputi Bidang Pemberantasan BNN Brigjen Pol Bahagia Dachi, Plt. Sekretaris Daerah Nisel, Ir Ikhtiar Duha.   Hadir juga saat itu, Staf Ahli Bupati, Asisten, sejumlah Kepala OPD, Camat Gomo, Faiginaso Tafona’o, Kades Sukamaju Mohili Faozatulo Telaumbanua.

Hilarius mengatakan,  suksesnya pemohonan bantuan ini di Kementerian Sosial tidak terlepas dari kerja keras dan upaya dari semua pihak termasuk Dinas Sosial Kabupaten Nias Selatan. ” Kepada kedua ahli waris agar memanfaatkan bantuan sosial itu dengan baik,” harapnya.

Kedua ahli waris menerima bantuan uang tunai sebesar Rp.106 Juta dengan rincian masing-masing-masing Rp 61 juta diterima Gemazaro Hulu dan Rp.45 juta untuk Asazatulo Hulu.

Sementara, Kadis Sosial Intansani Haria, menyebutkan, bantuan tersebut ditransfer langsung ke rekening masing-masing ahli waris.

Kata dia, bantuan sosial yang diterima para ahli waris itu bersumber dari Kementerian Sosial Republik Indonesia yang telah dimohon oleh Pemerintah Kabupaten Nias Selatan melalui Dinas Sosial.

Selain Bantuan uang, beberapa bantuan lain seperti beras, makanan instan, peralatan rumah tangga, selimut, tikar serta pakaian seragam sekolah juga telah disalurkan kepada para korban dan kepada para warga yang mengungsi dari area bencana longsor.  

“Korban yang menerima bantuan selama ini yakni kedua keluarga yang kehilangan 7 (tujuh) orang anggota keluarga karena meninggal dunia tertimbun longsoran. kemudian, 101 jiwa dari 22 keluarga lainnya juga yang mengungsi menghindari dampak longsor susulan pada saat itu,  juga mendapatkan bantuan,” tuturnya. (as-hal)

Related News

Hingga 6 April 2020, Status Nias Selatan Zero Covid-19

Redaksi

Pemkab Nisel Tangani Jalan Longsor di Mazino, Warga Berterimakasih

Redaksi

Polres dan Stakholder Nisel Peringati Hari Sampah Nasional

Redaksi