asarpua.com

Bupati Karo Minta Pemberian Bantuan Stunting Tepat Sasaran

Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang saat menghadiri Implementasi Inovasi Bunda Asuh Anak Stunting (BAAS) di Desa Payung Kecamatan Payung, Selasa (21/05/2024). (Foto. Asarpua.com/dikkar)

ASARPUA.com – Karo – Bupati Cory Sriwaty Sebayang meminta agar pemberian bantuan untuk anak stunting tepat sasaran, sehingga target prevalensi stunting yang telah ditetapkan pemerintah dapat tercapai.

“Saya tekankan untuk memastikan bantuan stunting diberikan tepat sasaran dan tidak tumpang tindih,” ujar Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang saat menghadiri Implementasi Inovasi Bunda Asuh Anak Stunting (BAAS) di Desa Payung Kecamatan Payung, Selasa (21/05/2024).

Selain itu, ia juga meminta kepada pihak terkait memetakan kantong-kantong wilayah stunting dan mengidentifikasi layanan yang masih kurang sehingga dapat segera diperbaiki.

Menurut Cory, kasus stunting masih menjadi persoalan yang mendesak untuk segera diselesaikan, karena stunting tidak hanya berdampak pada kondisi anak, tetapi juga pada kesehatan, hingga kemampuan berpikirnya.

Cory bilang, anak stunting nantinya akan tumbuh menjadi manusia dewasa yang produktivitasnya rendah dan pada akhirnya akan menghambat pertumbuhan ekonomi dan semakin menimbulkan persoalan ketimpangan dan kemiskinan. Generasi penerus yang mengalami stunting akan membawa masa depan bangsa yang stunting pula.

“Saya minta kepada kita semua untuk tetap fokus mengawal pelaksanaan program percepatan penurunan stunting, bahkan hingga zero stunting di tahun 2030 bisa dicapai sebagaimana target tujuan pembangunan berkelanjutan,” tegas Cory.

Di situ, Cory mengapresiasi seluruh pihak yang terlibat dalam mendukung percepatan penurunan stunting khususnya di Kabupaten Karo. Ia juga mengingatkan para lansia agar rutin memeriksa kesehatannya di puskesmas.

“Kepada para orang tua kami lansia, saya harap agar rutin memeriksa kesehatan ke Puskesmas atau Pustu terdekat, serta rajin minum air putih,” pesan Cory.

Sementara itu, Camat Payung Juni Antomi Kemit menyampaikan terima kasih kepada bupati yang merupakan salah satu bunda asuh anak stunting telah berkenan hadir pada kegiatan tersebut.

Acara juga dirangkai dengan penyerahan bantuan penunjang gizi bagi anak-anak stunting oleh Camat Payung didampingi Forkopimcam. (Asarpua)

Reporter : Serasi Sembiring

Related News

Hari Kesehatan Nasional, Stunting dan Jaminan Kesehatan Fokus Utama

Redaksi

Tahun 2019 Prevalensi Stunting di Sumut Lebih 30 Persen

Redaksi

Bupati Hadiri Paskah GPDI Se-Tanah Karo