Bupati Karo Lepas Pawai Takbiran Idul Fitri 1440 H

100
Bupati Karo Terkelin Brahmana SH, melepas pawai takbiran. (Foto : ASARPUA.com/ Johni Sembiring.

ASARPUA.com – Tanah Karo – Bupati Karo Terkelin Berahmana SH berkenan melepas pawai malam takbiran menyambut Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah di depan halaman Mesjid Agung Kabanjahe, Selasa (04/06/2019) sekira pukul 20.25 WIB.

Ketua PHBI (Peringatan Hari Besar Islam) Kabupaten Karo, Saroha Ginting SPd MPd dalam laporannya menyampaikan bahwa dari Kabanjahe peserta pawai menuju ke Berastagi. Kemudian di Berastagi sudah menunggu rombongan dari desa Surbakti dan sekitarnya dengan segala pernak-pernik untuk memeriahkan malam takbiran. Kemudian dibundaran Tugu Perjuangan Berastagi memutar arah kembali ke Kabanjahe. Peserta ada sejumlah 50 unuit kederaan minibus dan pick up dan sepeda motor sejumlah 60 unit.

Mewakili Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karo, KTU, Adi Sungkono dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan mengukuhkan dan mengokohkan kerukunan antar umat beragama diharapkan acara pawai malam takbiran dapat berjalan dengan baik.

Sesuai dengan tertib acara seusai sambutan dari perwakilan Kementerian Agama Kabupaten Karo maka giliran Bupati Karo menyampaikan kata sambutan namun karena hujan semakin deras bupati urung memberikan sambutan.

Wakapolres Tanah Karo, Kompol Edward Saragih SH dalam sambutannya menyampaikan agar semua peserta pawai takbiran tetap mematuhi aturan tata tertib berlalu lintas agar peserta terhindar dari kecelakaan. Juga diharapkan tidak ugal-ugalan di jalan raya. Kepada peserta yang menggunakan sepeda motor tidak saling mendahului.

Dalam wawancara singkat. dihalaman mesjid Agung Kabanjahe di bawah tenda yang sudahl, Terkelin Berahmana mengatakan bahwa pawai takbiran menyambut hari raya Idul Fitri kali ini lain dengan sebelumnya. Dimana ada pawai menggunakan obor.

“Harapan kita dengan pawai takbiran ini setelah satu bulan berpuasa kita akan merayakan hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah. Kiranya Tanah Karo semakin baik dan damai serta Tuhan memberkati Tanah Karo Simalem,” harapnya.

Hadir mendampingi Bupati Karo, Camat Kabanjahe, Frans Leonardo Surbakti SSTP beserta para lurah sekecamatan Kabanjahe. (as-joh).