asarpua.com

Bupati Karo Hadiri Musrenbang RPJPD Sumut 2025-2045

Bupati Cory Sriwaty Sebayang menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Provinsi Sumatera Utara Tahun 2025-2045, bertempat di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubsu, Jalan Diponegoro Medan, Senin (29/04/2024). (Foto. Asarpua.com/dikkar)

ASARPUA.com – Karo – Bupati Cory Sriwaty Sebayang menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Provinsi Sumatera Utara Tahun 2025-2045, bertempat di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubsu, Jalan Diponegoro Medan, Senin (29/04/2024).

Musrenbang tersebut dibuka oleh Pj Gubsu Hasanuddin, mengangkat tema Sumatera Utara Unggul Maju dan Berkelanjutan.

Ada delapan sasaran utama visi yang ditargetkan, di antaranya meningkatnya pendapatan per kapita penduduk, pengurangan tingkat kemiskinan dan ketimpangan, peningkatan peran dan posisi di tingkat nasional dan global, peningkatan daya saing sumber daya manusia, penurunan intensitas emisi gas rumah kaca.

Selain visi tersebut juga ada delapan misi RPJPD, yaitu mewujudkan transformasi sosial, mewujudkan transformasi ekonomi, mewujudkan transformasi tata kelola, mewujudkan masyarakat demokratis dengan penciptaan lingkungan aman dan stabilitas ekonomi makro, mewujudkan ketahanan sosial budaya dan ekologi, mewujudkan pembangunan kewilayahan yang merata dan adil, mewujudkan pembangunan sarana dan prasarana yang berkualitas dan ramah lingkungan, serta mewujudkan kesinambungan pembangunan.

Dalam arahan Pj Gubsu, Hassanudin menyampaikan bahwa implementasi visi misi selaras dengan merealisasikan visi besar, yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Ini yang ingin kita capai terus menerus tanpa ada endingnya,” ungkapnya.

Dikatakannya, bahwa keberhasilan visi-misi tersebut juga bergantung pada pengembangan wilayah yang berbasis zona di Sumut. Seperti diketahui, Sumut saat ini memiliki empat zona yaitu zona Pantai Timur, Pantai Barat, Dataran Tinggi, dan Kepulauan Nias.

“Mari kita manfaatkan momentum menyelesaikan perencanaan pembangunan yang komprehensif inklusif dan berkelanjutan, kita memiliki kesempatan mengoptimalkan potensi daerah,” ujar Hassanudin. (Asarpua)

Reporter : Serasi Sembiring

Related News

Bupati Karo Hadiri Perayaan Kenaikan Yesus Kristus GBKP Klasis Sinabun

Bupati Karo Sampaikan LKPD 2023 ke BPK

Redaktur: Martin Tarigan

Bupati Karo Imbau Petani Wortel Gunakan Bibit Produksi Sendiri