asarpua.com

Bupati dan Wabup Sergai Monev Pembangunan Desa di Pantai Cermin

ASARPUA.com – Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman dan Wabup H Darma Wijaya melaksanakan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pembangunan Desa, Senin (03/08/2020), di Desa Naga Kisar, kemudian Desa Lubuk Saban, Desa Pematang Kasih, Desa Arapayung, Desa Kuala Lama, Desa Pantai Cermin Kanan serta berakhir di Desa Cilawan, Kecamatan Pantai Cermin.

Bupati Sergai Ir H Soekirman menyampaikan bahwa dirinya bersama Wabup Darma Wijaya hari ini melaksanakan tugas utama bidang pemerintahan, pembangunan, serta kemasyarakatan sekaligus melaksanakan tanggung jawab serta amanah masyarakat guna menunjukkan negara hadir di tengah rakyat.

Soekirman menegaskan dalam membangun daerah, Pemkab Sergai menggunakan APBD murni, tetapi di tahun 2020 ada istilah refocusing atau realokasi sehingga penggunaan dana tidak lagi murni untuk pengadaan barang dan jasa, akan tetapi difokuskan pada percepatan penanggulangan Covid-19. Demikian juga halnya di desa, biaya pembangunan desa berasal dari Alokasi Dana Desa (ADD) maupun Dana Desa (DD) juga terdampak refocusing dan realokasi pada tahun berjalan ini sehingga banyak pembangunan yang tersendat.

Kata dia, hal tersebut bergantung dari pada pajak tahun lalu di mana jika tahun lalu pajak tidak lunas dan laporan penggunaan APBDes belum selesai, maka berpengaruh pada realisasi ADD dan DD tahun ini untuk masing-masing desa.

“Kegiatan hari ini juga adalah untuk melihat fungsi pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan untuk tahun anggaran 2019 yang lalu,” urai Soekirman seraya nengucapkan terima kasih karena dengan pembangunan ini menunjukkan negara hadir di tengah rakyat di antaranya dengan pembangunan infrastruktur jalan rambat beton, irigasi, pos siskamling, serta drainase dan infrastruktur yang dibutuhkan masyarakat lainnya. Hari ini kami ingin melihat progres pembangunan fisik tersebut serta sejauh mana bermanfaat kepada masyarakat serta hal-hal lainnya yang menyangkut kemaslahatan masyarakat.

Soekirman juga menyebut kunjungan ini menitikberatkan pada pajak yang tertunggak dari pembangunan di desa tersebut. Ia menyebut, Pemkab Sergai sangat gencar menagih pajak tertunggak karena dana pemerintah daerah yang dialokasikan ke desa termasuk besar. Apabila kewajiban pajak kurang dipatuhi, sebutnya, maka dana bagi hasil pajak dari pemerintah pusat juga akan tersendat ke pemerintah daerah serta desa.

Sedangkan Darma Wijaya menyoroti kegiatan produktif di tengah penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) yang mesti diperhatikan betul oleh masyarakat.

Hadir Kepala OPD, Camat Pantai Cermin Aminuddin, S.Sos, Kades Naga Kisar Ahmad, Kades Lubuk Saban Soetrisno, Kades Pematang Kasih Sutrisno, Kades Arapayung Ahmad Alhadi, serta Kades Kuala Lama Usman, Kades Pantai Cermin Kanan Basyaruddin, Kades Sementara Suhendro, Kades Besar II Terjun Sulaimaniyah serta Kades Cilawan Tuhadi. (asarpua-red)

Related News

Persiapan New Normal Akhyar Tinjau Bank Mandiri

Redaksi

Tertinggi di Indonesia, 92% Masyarakat Bali Pilih Jokowi

Redaksi

Penularan Tinggi, GTPP Covid-19 Sumut Larang Belajar Mengajar Tatap Muka

Redaksi