asarpua.com

Bupati Asahan Resmikan IPA 50 Liter Perdetik WTP Bukit Katarina

ASARPUA.com – Kisaran – Bupati Asahan H Surya, BSc meresmikan Instalasi Pengelolaan Air (IPA) 50 liter perdetik indoor WTP Bukit Katarina PDAM Tirta Silau Piasa Kabupaten Asahan.

Kegiatan ini dilaksanakan di Pusat IPA WTP Bukit Katarina Kelurahan Sei Renggas Kecamatan Kota Kisaran Barat, Rabu (26/8/2020).

Bupati Asahan H Surya, BSc dalam bimbingan dan arahannya mengatakan air bersih merupakan salah satu sektor pelayanan publik yang memberikan pengaruh besar pada kesehatan manusia dan lingkungan sekitar yang pada akhirnya memiliki dampak positif terhadap tingkat perekonomian masyarakat

Maka itu diharapkan pembangunan IPA 50 liter perdetik indoor WTP Bukit Katarina Asahan bisa dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat, khususnya dalam hal penyediaan kebutuhan air bersih di Asahan.

“Saya minta kepada Direktur PDAM Tirta Silaupiasa Asahan agar seluruh bangunan sarana air minum yang telah dibangun, kiranya dapat dkelola dengan baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan juga jaga bangunan agar dapat digunakan dalam jangka waktu lama,” ujarnya.

Direktur PDAM Tirta Silau Piasa Kabupaten Asahan H Rusfin Arif, SE dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Bupati, karena semuanya dapat terwujud dan terealisasi berkat bantuan dan kesungguhan serta komitmen Bupati untuk menjaga ketersediaan air bersih agar kebutuhan masyarakat akan air bersih dapat terpenuhi secara terus menerus khususnya di Kota Kisaran.

Sementara itu, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumut Syafriel Tansier, ST, MT dalam sambutannya menuturkan pembangunan IPA kapasitas 50 liter/detik dan jaringan perpipaannya merupakan usulan Bupati Asahan yang diterima tahun 2016, namun baru dapat direalisasikan pembangunannya pada tahun 2018 dan 2019.

Instalasi pengolahan air minum ini dibangun tahun 2018 untuk bangunan instalasi pengolahannya dan tahun 2019 untuk jaringan perpipaan. Sejak awal tahun 2020 hingga sekarang, bangunan ini telah dimanfaatkan oleh PDAM Tirta Silau Piasa untuk melayani kebutuhan air minum masyarakat kabupaten Asahan, khususnya pelanggan di kota Kisaran.

Dalam kegiatan tersebut Bupati Asahan H Surya, BSc juga menandatangani serah terima aset secara simbolis dengan Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sumatera Utara dan menandatangani prasasti peresmian IPA 50 liter perdetik indoor WTP Bukit Katarina PDAM Tirta Silau Piasa.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan peninjauan Pusat Instalasi Pengelolaan Air 50 liter perdetik indoor WTP Bukit Katarina PDAM Tirta Silau Piasa oleh Bupati Asahan dan Kepala Balai Prasarana Permukiman Sumut. (asarpua)

Penulis: Ramadhansyah Batubara

Related News

Bupati Nisel Lantik Empat Pejabat Eselon IV

Redaksi

Lucu, Bupati Terkelin Mengaku Baru Tahu Premium Langka di Karo

Redaksi

Pergantian Pasangan Balon Independen Pilkada Karo 2020

Redaksi