asarpua.com

Bupati Asahan Buka MTQN di Kecamatan Simpang

Mewakili Bupati, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Edi Sukman membuka Musabaqah Tilawatil Qur'an Nasional (MTQN) di Kantor Kecamatan Simpang Empat, Rabu (28/02/2024). (Foto. Asarpua.com/dikas)

ASARPUA.com – Asahan – Mewakili Bupati, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Edi Sukman membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional (MTQN) di Kantor Kecamatan Simpang Empat, Rabu (28/02/2024).

Membacakan sambutan tertulis bupati, Kadis P2KBP3A Edi Sukman mengatakan, penyelenggaraan MTQN tahun ini akan menyelenggarakan seluruh cabang lomba yang ada pada permusyabaqohan. Begitu juga dengan festival seni qasidah, akan menambah cabang penampilan pop religi dan bintang vocalis.

“Kedua kegiatan ini merupakan program Pemerintah Kabupaten Asahan yang secara berjenjang dilaksanakan mulai dari tingkat desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten dan nantinya sampai tingkat provinsi dan nasional,” ungkap Edi.

Menurutnya, kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini merupakan momentum yang sangat penting dan memiliki nilai strategis dalam upaya menumbuhkan dan mengembangkan minat baca Al Qur’an dan semangat berkesenian di kalangan masyarakat guna meningkatkan pemahaman, pengetahuan dan pendalaman terhadap agama untuk dijadikan pegangan dan pedoman dalam menjalani kehidupan sehari-hari sekaligus mempersiapkan generasi yang berkemampuan dalam menerapkan gerakan dakwah islam.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Asahan, saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan MTQN ke-55 dan festival seni qasidah,” ucapnya.

Dia pun mengajak seluruh peserta untuk berkompetisi sembari tetap memelihara persatuan dan kesatuan ummat.

“Semoga kita dapat menanamkan kesadaran untuk berperilaku sesuai nilai-nilai Al Qur’an sekaligus menjaga dan menjamin kemurnian Al Qur’an itu sendiri menuju Indonesia tumbuh dan tangguh, mewujudkan Asahan sejahtera religius dan berkarakter,” pungkasnya.

Sementara itu, Sekcam Simpang Empat Nasruddin dalam laporannya menyampaikan, dasar kegiatan ini sesuai dengan Surat Bupati Asahan Nomor 400.8/9760/UM-XII/2023 Tanggal 18 Desember 2023. Menurutnya pelaksanaan MTQ Kecamatan ini telah melalui proses seleksi di setiap desa di Kecamatan Simpang Empat pada tanggal 19-26 Februari 2024.

Katanya, hasil dari seleksi desa ini akan ditandingkan di tingkat kecamatan pada tanggal 27 Februari sampai 7 Maret 2024.

“Hasil dari MTQ Kecamatan, nantinya akan mewakili Kecamatan Simpang Empat untuk bertanding di tingkat Kabupaten Asahan,” jelasnya.

Adapun peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 242 orang, terdiri dari Lembaga Pengembangan Tilawah Qur’an (LPTQ) sebanyak 130 orang dan Lembaga Seni Qasidah Indonesia (LASQI) sebanyak 112 orang.

Di lokasi serupa, Camat Simpang Empat Kamarul Zaman berpesan kepada peserta juara agar jangan langsung berbangga diri, namun harus tetap berlatih.

“Kalian harus terus berlatih, karena kalian akan menjadi wakil Kecamatan Simpang Empat di Tingkat Kabupaten,” pesannya.

Kepada peserta yang belum berhasil, Camat juga berpesan agar tidak berputus asa. Dia meminta menjadikan kekalahan sebagai motivasi agar pada MTQN selanjutnya dapat mewakili kecamatan ke tingkat kabupaten. (Asarpua)

Reporter : Nirwan

Related News

Bupati Jemput Kepulangan PMI Asal Asahan dari Malaysia

Redaksi

Ratusan Mobil Hias Semarakkan Pawai Takbir Idul Fitri di Asahan

Peringati Hari Jadi Ke-78, Pemkab Asahan Gelar Tabligh Akbar