Buka Sail Nias 2019, Menko Kemaritiman Disuguhi Atraksi Budaya Kepulauan Nias

166
Menko Kemaritiman bersama rombongan disambut dengan berbagai atraksi Budaya Nisel saat membuka puncak acara Sail Nias 2019 di Nias Selatan. (Foto. ASARPUA.com/halawa)

ASARPUA.com – Nias Selatan – Setelah Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dinyatakan tidak jadi datang ke Nias untuk membuka secara resmi puncak acara Sail Nias 2019, akhirnya Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman RI, Luhut Binsar Pandjaitan membuka secara resmi Sail Nias 2019 di Pelabuhan Baru Telukdalam, Kabupaten Nias Selatan, Sabtu, (14/09/2019). Saat penyambutan Menko Kemaritiman beserta rombongan disuguhi atraksi budaya Kepulauan Nias.

Hadir saat itu, Menteri Kelautan dan Perikanan,  Susi Pudjiastuti, Menkumham, (Ketua Panitia Umum Yasonna H Laoly, Mendes dan PDTT, Eko Putro Sandjojo, Menteri Pariwisata, Arif Yahya, Gubsu dan Nyonya, unsur Forkada Kepulauan Nias, sejumlah pejabat Kementerian/Lembaga, para Duta Besar Negara sahabat, dan para undangan lainnya.

Atraksi budaya Kabupaten Nias Selatan tersebut  yakni tari Faluaya, atraksi budaya, Orahu, Fameafo (pemberian sekapur siriih)  dan lagu  Nias yang dibawakan oleh penyanyi asal Nias.

Selain itu, rombongan juga disuguhkan  dengan eksotika budaya Nias Selatan yakni  tari kolosal dan lompat batu yang melibatkan 500 peserta.

Sail Nias 2019 memiliki tema,Kepulauan Nias menuju gerbang wisata dunia.

Pantauan wartawan di lokasi, sekitar ribuan masyarakat Kepulauan Nias dan dari luar Daerah juga turut menyaksikan pembukaan puncak event nasional tersebut. (as-hal)