BNN Gunung Sitoli Kerjasama dengan Pemkab Tes Urine ASN Nisel

147
Bupati Nisel Hilarius Duha (tengah pake topi) didampingi Kepala BNN Gusit AKBP F Zendrato ( sebelah kanan Bupati) saat diwawancarai oleh Wartawan. (Foto. ASARPUA.com/halawa)

ASARPUA.com– Nias Selatan – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Gunungsitoli (Gusit) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nias Selatan menggelar tes urine terhadap para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas di Daerah itu, berlangsung di Halaman Kantor Bupati Nias Selatan, Jalan arah Lagundri-Sorake Km 5, Senin, (11/02/2019).

Bupati Nisel Hilarius Duha saat diwawancarai wartawan, disela-sela pelaksnaan kegiatan itu mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk mendukung program nasional dalam hal pencegahan dan pemberantasan narkoba.

“Jadi ini upaya kita mendukung program nasional bekerjasama dengan BNN Gunungsiotoli dalam pencegahan dan pemberantasan narkoba. kita mulai dengan melakukan tes urine kepada seluruh ASN yang bertugas di Kabupaten Nias Selatan. tujuannya ini adalah guna mencegah para ASN agar tidak menggunakan narkoba,”ujarnya.

Selain ASN, sambung dia, tes urine juga dilakukan kepada seluruh tenaga honorer yang bertugas di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Nias Selatan.

Disinggung jika ditemukan ada ASN yang positif menggunakan narkoba, ia menjawab, itu akan dikoordinasikan lagi kepada BNN apa yang bersangkutan masih status bisa rehab atau tidak. “kalau ngk bisa di rehab maka akan diproses ,”tandasnya.


Para ASN Nisel saat menyerahkan surat pernyataan tes urine narkoba di halaman Kantor Bupati Nisel. (Foto. ASARPUA.com/halawa)

Sementara, ditempat yang sama, Kepala BNN Kota Gunungsitoli, AKBP Faduhusi A Zendrato mengatakan, tes urine ini dilakukan atas kerjasama dengan pihak Pemkab Nisel.

“Kami dari pihak BNN Gunungsitoli meliputi wilayah Kepulauan Nias melakukan tes urine kepada ASN di Kabupaten Nias Selatan sekaligus juga mensosialisasikan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 tahun 2018
tentang rencana aksi nasional Pencegahan dan Pemberantasan, Penyalahguan dan Narkotik dan Prekusor Narkotika (P4GN),” pungkasnya.

Saat ini, kata dia, sudah 440 orang ASN yang sudah dites urine dan hal ini akan berlanjut sampai besok hingga kegiatan ini tuntas.

Disamping itu, Bupati, Wakil Bupati Nisel, para Staf Ahli Bupati, Asisten dan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) maupun pejabat Eselon III dan IV di Lingkungan Pemkab Nisel ikut juga dites
urine.

Pantauan wartawan dilokasi kegiatan, selain tes urine, para ASN juga turut menyerahkan surat penyataan tes urine narkoba. hingga pukul 11.30 WIB, kegiatan tes urine masih terus berlangsung.

Turut hadir saat itu Waka Polres Nisel Kompol Bonggas Simarmata, Kasi Intel Kejari Nisel, Satria DP Zebua SH, Kabag Ops Kompol Marthin L Dachi, dan sejumlah aparat personil Polres Nisel turut mengamankan pelaksanaan kegiatan. (as-hal)