asarpua.com

BI dan BPODT Kerjasama Pengembangan Kawasan Pariwisata Danau Toba

ASARPUA.com – Tobasa – Sekretaris Daerah Sumatera Utara (Sekdaprovsu) R Sabrina memotivasi warga Desa Sigapiton untuk menggali potensi agrowisata dan pariwisata Danau Toba.

Hal itu disampaikan Sekdaprovsu R Sabrina pada Peresmian Kerjasama Pengembangan Kawasan Pariwisata Danau Toba, Bank Indonesia (BI) dengan Badan Pelaksana Otoritas Danau Toba (BPODT), Jumat (16/11/2018) di Desa Sigapiton, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa).

“Dulunya desa ini merupakan penghasil komoditi bawang merah yang jauh lebih baik dari produksi daerah lain di Sumut. Misalnya dari kualitas dan mutunya sangat disukai oleh masyarakat Sumut, juga para wisatawan, baik dalam negeri maupun manca negara. Wisatawan juga bisa melihat langsung, bahwa tanaman bawang merah bisa tumbuh di antara bebatuan,” kata Sabrina lagi

Begitu juga dari sisi pariwisatanya, Desa Sigapiton dapat maju dan berkembang seperti desa lainnya yang berada di kawasan Kaldera Toba. Sebab desa tersebut memiliki panorama dan wisata pantai yang tidak kalah indahnya dengan lokasi lainnya di Danau Toba.

Kepala Badan Pelaksana Otorita Danau Toba Arie Prasetyo bahwa sesuai arahan Presiden Republik Indonesia untuk menjadikan Danau Toba sebagai salah satu objek wisata utama Sumut.

Begitu juga Pjs Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumut Hilman Trisnawan menyampaikan, bahwa Desa Sigapiton harus dikembangkan menjadi salah satu destinasi wisata di Danau Toba. Diantaranya melalui pengembangan agrowisata bawang merah.

Usai acara peresmian yang ditandai dengan penandatanganan MoU antara BI dengan Pemkab Tobasa dan Badan Pelaksana Otoritas Danau Toba,  Sekdaprovsu R Sabrina bersama rombongan melakukan penanaman bawang merah secara simbolis. Rencananya, penanaman bawang  akan menggunakan lahan seluas 2,5 hektar dengan bibit bawang sebanyak 2,5 ton dari varitas terbaik. (as-01)

Related News

Presiden Jokowi Hadiri Pembukaan MTQN 7 Oktober

Redaksi

Bersihkan Sungai Aek Tapa, Sekdaprovsu: Jangan Malu Pakai Daun Pisang

Redaksi

Sekdaprovsu: Pemilu Tebingtinggi Lancar dan Kondusif

Redaksi