asarpua.com

Aspem Kota Medan Buka Advokasi Pengarusutamaan Gender

ASARPUA.com – Medan – Walikota Medan Dzulmi Eldin diwakili Assisten Pemerintahan dan Sosial (Aspem) Musaddad Nasution membuka acara Advokasi Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender di Kantor Walikota, Selasa (15/04/2019) Jalan Kapten Maulana Lubis Medan.

Dalam sambutannya Aspem menjelaskan bahwa pengarusutamaan gender hadir sebagai suatu strategi guna menjawab kebutuhan setiap penduduk berdasarkan kondisi tersebut, baik terhadap akses, partisipasi, kontrol dan manfaat pembangunan.

“Disamping itu, guna implementasi dari peraturan menteri dalam negeri Nomor 67 Tahun 2011 tentang pedoman umum pelaksanaan Pengarusutamaan Gender di daerah,” jelas Aspem.

Selanjutnya Musaddad mengungkapkan, Pemerintah Kota Medan berkomitmen untuk melaksanakan pembangunan yang responsif gender, antara lain yaitu dengan membentuk Kelompok Kerja Pengarusutamaan Gender (Pokja PUG) Kota Medan dan Focal Point sejak Tahun 2010.

“Pokja PUG Kota Medan juga mengeluarkan peraturan Wali Kota Medan Nomor 56 Tahun 2018 tentang pedoman pelaksanaan pengarusutamaan gender dalam pembangunan yang menjadi regulasi bagi OPD di Lingkungan Pemko Medan guna implementasi PUG di OPD nya masing – masing,” ungkapnya.

Lebih lanjut Musaddad mengatakan dalam pelaksanaan/implementasi PUG Kota Medan selama 9 tahun ini, secara berkelanjutan kita terus melakukan advokasi, sosialisasi PUG serta pelatihan dalam perencanaan dan pengangaran yang responsif gender baik kepada OPD di Lingkungan Pemko Medan maupun kepada lembaga/instansi terkait serta stake holder pembangunan lainnya.

“Kita menyadari dalam pelaksanaan PUG selama ini masih banyak hal yang perlu ditingkatkan lagi. Sehingga pengarusutamaan gender dapat dipahami dengan luas, tidak dipersepsikan sebagai tugas dari Dinas Pemberdayaan Perempuan saja tetapi juga mebjadi tanggungjawab semua pihak sesuai dengan tugas fungsiny,” katanya. (asa-01)

Related News

1021 Pengaduan Diterima OJK Sumut, 917 Telah Berhasil Diselesaikan

Redaksi

Polsek Medan Baru Terima Bantuan Masker dari Konjen RRT

Redaksi

Penegakan Protokol Kesehatan Difokuskan di Marelan, Paling Tinggi Pelanggarannya

Redaksi