Akhyar Terima Audiensi SMSI Sumut

87
Plt Walikota Medan Akhyar Nasution menerima kunjungan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sumut di Ruang Khusus Walikota, Balaikota Medan Jalan Kapten Maulana Lubis, Medan (14/09/2020). (Foto. ASARPUA.com/hpm)

ASARPUA.com – Medan – Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Medan Akhyar Nasution menerima kunjungan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sumut di Ruang Khusus Walikota, Balaikota Medan Jalan Kapten Maulana Lubis, Medan (14/09/2020). 

Ketua SMSI Sumut Zulfikar Tanjung yang didampingi Sekretaris Erris J Napitupulu, Penasehat Roni Purba dan pengurus lainnya menyampaikan, SMSI siap mendukung upaya menciptakan iklim pers yang sehat khususnya pada media online di Kota Medan. Saat ini, Zulfikar mengungkapkan, sudah ada lebih kurang 100 media online yang bergabung menjadi anggota SMSI Sumut yang terdiri dari 5 media terverifikasi aktual dan 18 media terverifikasi administrasi.

“SMSI sebagai salah satu konstituen pers yang sesuai dengan arahan Dewan Pers akan berkomitmen mendorong rekan-rekan media untuk mengajukan verifikasi terhadap medianya kepada Dewan Pers agar seluruh media di Kota Medan dan Sumut terpercaya dan terverifikasi,” ungkap Zulfikar.

SMSI juga meminta agar Pemko Medan juga turut mendukung untuk menertibkan media khususnya media online sesuai dengan verifikasi Dewan Pers. ” Seperti di Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) yang telah menerapkan verifikasi media sesuai dengan imbauan Dewan Pers yang diatur melalui Peraturan Gubernur (Pergub) serta menerapkan wartawan yang terdaftar harus yang telah memiliki sertifikat Uji Kompetensi Wartawan (UKW). SMSI juga telah ditunjuk Dewan Pers sebagai salah satu verifikator media online,” ucapnya.

Disamping itu, Zulfikar juga mengungkapkan pada bulan September 2020 ini, SMSI akan mengadakan workshop mengenai media online. Selain itu, para peserta yang hadir pada workshop tersebut nantinya adalah para wartawan media online.

Menanggapi hal tersebut Akhyar mengajak para pers untuk mengawal Pemko Medan agar terus bekerja sesuai jalurnya. Dengan begitu, pembangunan serta kesejahteraan masyarakat Kota Medan dapat terwujud. “Jika para pers mengawal untuk terus berada di jalurnya, Insya Allah pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Kota Medan dapat terwujud sebagaimana yang kita harapkan,” harap Akhyar.

Baca Juga  Nota Keuangan RAPBD 2021, Target PD Rp13 Triliun Lebih

Sementara itu, Kabag Humas Setda Kota Medan Arrahman Pane juga turut menanggapi mengenai penerapan verifikasi Dewan Pers di Pemko Medan. Ar Rahman mengatakan Humas telah melakukan verifikasi terhadap media massa baik cetak maupun elektronik khususnya yang bertugas di Pemko Medan. ” Verifikasi berdasarkan imbauan Dewan Pers telah dilaksanakan, sebelumnya jumlah seluruh wartawan yang terdaftar di Humas Pemko Medan sekitar 300 orang, setelah diverifikasi kini tinggal lebih kurang 135 orang. Tahun depan Insya Allah juga akan menerapkan verifikasi wartawan berdasarkan UKW, ” ucap Arrahman. (asarpua-01)