asarpua.com

Akhyar Pimpin Pembersihan Drainase di Kawasan Makam Pahlawan

ASARPUA.com – Medan – Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Medan Akhyar Nasution untuk melihat langsung pengerjaan normalisasi drainase yang berada di Jalan SM Raja Kecamatan Medan Kota (seberang Taman Makam Pahlawan) hingga Jalan Juanda Kecamatan Medan Kota, Jumat (17/07/2020).

Sebelum pengerjaan drainase dilakukan, para personil yang berjumlah kurang lebih 100 personil terdiri Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan dan Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (P3SU) Kecamatan Medan Kota, terlebih dahulu mengikuti apel yang dipimpin Akhyar didampingi Kadis PU Kota Medan Zulfansyah Ali Saputra, Kadis Lingkungan Hidup Kota Medan Syarif Armansyah Lubis, Sekretaris Dinas Pertamanan dan Kebersihan Kota Medan Fahri Matondang dan Camat Medan Kota TChairuniza beserta jajaran.

Usai mendengarkan arahan yang disampaikan Akhyar, ratusan personel bekerja untuk mengembalikan fungsi drainase seperti semula dan mencegah terjadinya genangan air di sekitar jalan tersebut. Tampak para personil mulai membuka penutup drainase, dengan menggunakan alat manual dan alat berat berupa 2 unit beco loader, 2 unit skid loader dan 15 unit dump truk digerakkan untuk mendukung kelancaran pembersihan drainase.

Selanjutnya Akhyar bersama jajaran OPD memantau proses pembersihan drainase. Selama kurang lebih dua jam, drainase dibongkar dan dibersihkan guna mengetahui permasalahan yang terjadi genangan air di lokasi tersebut. Berbagai material seperti batu, kabel fiber optik dan ban bekas ditemukan di dalam drainase, selain itu air dalam drainase juga mengandung oli yang diduga berasal dari bengkel mobil.

Sementara itu, Kepala Dinas PU Medan Zulfansyah mengatakan, kurang lebih ada 500 jumlah titik genangan air di seluruh wilayah Kota Medan. Permasalahan utama parit tumpat berbagai material yang ditemukan di dalam saluran drainase sepertiĀ  kabel atau fiber optik adalah kesalahan masa lalu yang tidak akan diulangi. Artinya, pihak vendor pemasang kabel fiber optik kurang berkoordinasi dengan Dinas PU. “Dinas PU melalui Bidang Jasa Konstruksi kedepannya akan mengawasi pengerjaan Vendor kabel fiber optik. Sebab jika mereka akan melakukan pemasangan utilitas seharusnya mendapatkan rekomendasi dari kami,” jelasnya.(asarpua-01)

Related News

RGI BI Pertahankan Suku Bunga Acuan Sebesar 6%

Redaksi

Bupati Sergai Terima Audiensi Yayasan Pelestari Kebudayaan Batak

Redaksi

Peran Aktif Dokter Turunkan Angka Kematian Ibu dan Bayi

Redaksi