asarpua.com

Ada Apa di Lapangan Merdeka Masa Lampau, Awal Mula Kota Medan

asarpua.com, Medan – Lapangan Merdeka Medan adalah landmark- nya Kota Medan dulu bernama Esplanade. Letaknya berada tepat di jantung Kota Medan sejak dulu berfungsi sebagai ruang terbuka publik. Satu hal yang paling menarik terkait Lapangan Merdeka bahwa dari sinilah bagian awal terbentuknya Kuta Madan – bahasa Karo (Kota Medan). Lapangan Merdeka sebagai titik nol nya Kota Medan memiliki nilai sejarah permulaaan kota ini sebagai daerah perkebunan dengan Tembakau Deli  yang termashyur itu.

Dari sinilah lahirnya Kesain Madan. Kesain – bahasa Karo adalah halaman, ini adalah wajah Kuta Madan. Lalu karena artikulasi masyarakatpun Kesain Madan berubah menjadi Kesawan Medan dan Kuta Madan menjadi Kota Medan. Kuta Madan (Kota Medan) didirikan oleh Guru Patimpus Sembiring Pelawi tahun 1959. Kemudian Kesain (Kesawan) berkembang dengan berdirinya gedung gedung perkantoran dan rumah disekitar kawasan Lapangan Merdeka dulu menjadi tempat pertemuan para pedagang dan menjadikannya sebagai daerah persinggahan, sehingga kawasan ini terbentuk dengan sendirinya sesuai perkembangan zaman.

Bangunan-bangunan yang ada di daerah Kesain (Kesawan) sampai saat ini merupakan ceritera masa lalu yang bisa diangkat kembali untuk dijadikan identitas Kota Medan. Di Lapangan Merdeka ini juga pernah berdiri bangunan balai adat masyarakat Karo berupa Geriten atau biasa juga disebut Jambur tempat runggu (rapat).

Sekarang dalam gempuran dunia industri dan modernisasi Medan sebagai kota metropolitan dan berimbas bagi Lapangan Merdeka. Selanjutnya sekitar tahun 2005 seiring perkembangan kota di sisi Barat Lapangan Merdeka atas nama keindahan kota dan mengembangkan kuliner lokal, dibangun gerai-gerai kuliner Barat, Asia dan lokal yang disebut pusat jajanan kota bernama Merdeka Walk. Sekelebat tampak gerai-gerai kuliner ini kian menggenjot kegermelapan dan keramaian kota.

Sedangkan di sisi sebelah Timur, Pemko Medan membangun areal parkir sebagai salah satu upaya untuk mengurangi arus kemacetan lalu lintas keluar masuk Stasiun Kereta Api. Pengerjaan lahan parkir ini terlaksana berkat kerjasama Pemko Medan dengan PT. Kereta Api Indonesia (KAI) melalui PT. Railink, perusahaan yang bergerak dalam pengoperasian dan pengelolaan kereta api ke bandara.

Pun demikian warga Kota Medan setiap sore ramai berolah raga di Lapangan Merdeka. Di sini terdapat bermacam fasilitas alat spot yang disediakan Pemko Medan. Lapangan ini juga dilengkapi lintasan jogging dan sepeda. Selain itu di lokasi ini tidak pernah sepi dengan event-event  besar, sebagian wisatawan mancanegara maupun lokal dan para komunitas masih memasukkan Lapangan Merdeka dalam list kunjungannya. (tania depari)

Related News

Walikota Medan Dukung Penuh Pelaksanaan Car Free Day

Redaksi

Anggota DPRD Medan Desak Pemko Kembalikan Fungsi Lapangan Merdeka

Redaksi

Edy Rahmayadi: Saya Rindu Merayakan Kemerdekaan RI di Lapangan Merdeka

Redaksi