asarpua.com

Rektor UINSU Wisuda 990 Sarjana dan Magister

ASARPUA.com – Medan – Kami terus melakukan upaya penguatan faham washatiyah dan menekankan ideologis kebangsaan kepada mahasiswa melalui kurikulum dan kegiatan mahasiswa,” tegas Rektor Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU), Prof Dr Saidurrahman M.Ag dalam pidato wisuda ke 72 di Gelanggang Mahasiswa UINSU, Medan, Senin (25/11/2018).

Selain mahasiswa, kata Prof Saidurrahman, juga melakukan penguatan hubungan antara dosen dan mahasiswa, tenaga pendidik serta alumni.

“Hubungan harus terus diperkuat, sehingga celah-celah faham ekstremisme dapat ditangkal secara lebih dini, ” katanya.

Sedangkan di luar kampus, lanjut rektor, ancaman terorisme juga dapat diredam dengan memperkuat, menghidupkan dan melestarikan budaya lokal yang selama ini menjadi salah satu sumber kearifan masyarakat. Bangsa ini punya segudang kearifan.

“Budaya-budaya lokal yang sangat menekankan persaudaraan, saling asah, asih dan suh antar sesame warga masyarakat. Itulah penangkal yang ampuh penyebaran faham radikal, ekstremis dan terorisme,” bebernya.

Menurutnya, tindakan terorisme diawali dengan berfikir radikal yang salah arah. Berfikir radikal dapat menghasilkan cara pandang yang dekonstruktif, seperti, memandang orang lain berbeda, sehingga dapat menimbulkan sikap yang intoleran.

“Sikap melihat orang lain secara intoleran adalah sikap yang jauh dari misi dakwah islam. Dakwah islam justru disebar bukan melalui sikap sinis dan intoleran kepada pihak lain, namun dengan cara menunjukkan akhlak yang mulia dalam setiap jengkal lapangan kehidupan. Sikap lemah lembut, tidak berhati kasar adalah kunci sukses dakwah Nabi Muhammad SAW,” jelasnya.

Diwisuda
Sementara sebanyak 990 mahasiswa UINSU resmi menyandang sarjana setelah di wisuda oleh Rektor UINSU, Prof Dr Saidurrahman M.Ag yang dibarengi dengan Dies Natalis UINSU yang ke 46 tahun.

990 mahasiswa yang diwisuda di antaranya, 53 orang dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi, 113 orang dari Fakultas Syariah dan Hukum, 420 orang Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 21 orang Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam, 193 orang dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 54 dari Fakultas Ilmu Sosial (FIS), 25 orang dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), 57 orang dari Fakultas Sains dan Tekhnologi (FST), 54 orang untuk program pascasarjana. Dengan begitu, UINSU telah mewisuda 48.978 alumni yang saat ini telah berkiprah di tengah-tengah masyarakat.

Rektor menyampaikan, dalam hal penyelesaikan pendidikan mahasiswa, tidak boleh ada mahasiswa UINSU yang gagal melanjutkan kuliah karena tiada biaya.

“UINSU berkomitmen memberikan peluang sebesar-besarnya bagi mahasiswa berprestasi atau berlatar belakang ekonomi menengah  bahwa untuk mengakses beasiswa baik internasional, nasional dan lokal di UINSU salah satunya adalah beasiswa UPZ. Dengan begitu, generasi penerus bangsa tetap mendapatkan akses pendidikan tinggi terbaik,” ungkapnya.(as-14)

Related News

Polsek Sunggal Bekuk Dua Kawanan Jambret

Redaksi

Wagubsu Jenguk Pendiri Pondok Pesantren Darul Ulum Muara Mais

Redaksi

Hadiri Natal Peradi, Wagubsu Harapkan Kebersamaan  Wujudkan Sumut Bermartabat

Redaksi