asarpua.com

KPU Labuhanbatu Bersama PPK Uji Coba Aplikasi Sirekap

Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Divisi Data dan Informasi serta Divisi Teknis Penyelenggaraan, mengikuti simulasi aplikasi Sirekap yang digelar KPU Kabupaten Labuhanbatu, di aula kantor penyelenggara Pemilu tersebut, Jalan WR Supratman Rantauprapat, Sabtu (12/10). (Foto. Asarpua.com/KPU_Labuhanbatu)

ASARPUA.com – Labuhanbatu – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Labuhanbatu melakukan uji coba Sirekap Nasional Pilkada Serentak 2024. Uji coba atau dimulai itu diikuti seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Divisi Data dan Informasi serta Divisi Teknis Penyelenggaraan, di Aula Kantor KPU Labuhanbatu, Jalan WR Supratman Rantauprapat.

“Simulasi ini untuk mempersiapkan kemahiran dan kemampuan anggota panitia pemilihan kecamatan dalam penggunaan aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara (Sirekap) pada Pilkada Serentak tahun 2024 di Kabupaten Labuhanbatu,” kata Ketua KPU Labuhanbatu, Zafar Sidik Pohan MSi kepada wartawan, Minggu (13/10/2024).

Dia menjelaskan, aplikasi Sirekap nantinya digunakan sebagai alat bantu dalam pelaksanaan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pada 27 November 2024.

“Uji coba Sirekap dilaksanakan serentak secara nasional pada Sabtu (12/10/2024), juga bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kinerja aplikasi tersebut saat penghitungan perolehan suara dan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara,” sebutnya.

Simulasi Sirekap nasional, untuk melakukan uji coba mulai dari pemungutan suara, penghitungan suara, hingga pengiriman data dengan aplikasi Sirekap.

Dalam simulasi ini, komisioner KPU Labuhanbatu diposisikan sebagai KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara). Sirekap digunakan oleh para anggota KPPS di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Petugas KPPS bertanggungjawab memotret formulir model C.KWK atau kertas yang berisi data perolehan suara pasangan calon dan mengunggahnya menggunakan aplikasi Sirekap,” jelas Zafar Siddik.

Simulasi tersebut dibuka Ketua KPU Labuhanbatu, Zafar Siddik Pohan dan uji coba dipandu Anggota KPU Said Daulay (Divisi Rendatin) dan Syahrijal Ritonga (Divisi SDM, Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat), Kasubbag Perencanaan, Data dan Informasi, M Arif Fadillah Siregar dan Kasubbag Teknis, Anas Khoir Daulay serta operator Sirekap KPU Labuhanbatu. (Asarpua)

Reporter : Martin Tarigan

Related News

Polres Labuhanbatu Lakukan Pengamanan Pelipatan Surat Suara Pemilu 2024

Redaksi

Plt Bupati Labuhanbatu Hadiri Pelantikan Anggota PPK

KPU Labuhanbatu Tetapkan DPS Pilkada 353.020 Pemilih