asarpua.com

Pemkab Asahan Peringati Haornas 2024

Wakil Bupati (Wabup) Asahan Taufik Zainal Abidin saat menyampaikan pidatonya pada peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2024, di Aula Melati Kantor Bupati Asahan, Senin (23/09/2024).

ASARPUA.com – Asahan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2024, berlangsung di Aula Melati Kantor Bupati Asahan, Senin (23/09/2024). Kegiatan ini juga dirangkai dengan penyambutan atlet dan official Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut.

Dalam pidatonya, Wakil Bupati (Wabup) Asahan Taufik Zainal Abidin menyampaikan bahwa peringatan Haornas ke-41 diharapkan dapat menjadi momentum untuk bersama-sama berkomitmen mewujudkan partisipasi masyarakat dalam berolahraga dan peningkatan kebugaran masyarakat sehingga mampu menghasilkan calon-calon olahragawan berprestasi kelas dunia.

Sesuai dengan tema “Ayo Berolahraga: Bersatu Kita Juara”, kata Wabup, insan olahraga Asahan mengukir sejarah baru pertama kalinya mengalami lonjakan dengan mengirimkan 71 atlet Asahan untuk memperkuat kontingen Sumut di PON XXI yang diikuti dengan masuknya beberapa pelatih, manager tim, wasit juri, unsur panitia hingga masseur pada PON XXI Aceh-Sumut 2024.

“Suatu kebanggaan untuk Asahan, di mana KONI Asahan, pengurus cabang olahraga dan insan olahraga lainnya dipercaya oleh KONI Sumut untuk ikut dalam mengelola kontingen serta menjadi bagian dari panitia besar PON sebagai wasit, juri, dan panitia,” ungkap Wabup.

Wabup bilang, Pemkab Asahan juga telah mempersiapkan tali asih kepada para atlet yang berhasil membawa harum nama daerah pada PON 2024.

“Kepada para panitia dan semua pihak yang membantu terselenggaranya acara ini, saya sampaikan terima kasih dan penghargaan atas kesediaan dan dukungannya semoga ke depannya dapat mencetak generasi bangsa yang berkarakter, disiplin serta maju di masa yang akan datang,” pungkasnya.

Sebelumnya, Witoyo selaku ketua panitia kegiatan melaporkan bahwa peringatan Haornas ini bertujuan untuk mengingatkan masyarakat dan juga para pemangku kepentingan mengenai pentingnya olahraga bagi seluruh bangsa.

“Olahraga juga merupakan bagian dari proses dalam pencapaian tujuan pembangunan nasional, sehingga keberadaan dan peran olahraga dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara adalah sangat penting,” jelas Witoyo yang juga menjabat Kadispora Asahan.

Ketua KONI Asahan Harris, juga melaporkan jumlah jumlah atlet Asahan yang ikut memperkuat kontingen Sumut sebanyak 71 orang. Kemudian 12 pelatih/official, 3 manager dan 7 wasit/juri, terdiri dari 26 cabang olahraga (Cabor).

“Untuk perolehan mendali PON XXI yang disumbangkan atlet Asahan adakah sebanyak 37 mendali,” jelasnya.

Untuk perolehan 18 mendali emas, dengan rincian Cabor drumband 15 emas, sambo 2 emas dan kriket 1 emas. Kemudian 10 mendali perak, dengan rincian Cabor hockey 3 perak, drumband 2 perak, dance sport 1 perak, sambo 1 perak, balap sepeda 1 perak dan gateball 2 perak.

Selanjutnya perolehan 9 mendali perunggu, rinciannya drumband 2 perunggu, Pentaque 1 perunggu, sepak takraw 1 perunggu, sambo 1 perunggu, gateball 1 perunggu dan tarung derajat 1 perunggu. (Asarpua)

Reporter : Nirwan Pase

Related News

Pemkab Asahan Gelar Buka Puasa Bersama Forkopimda

Ikuti Pengajian Akbar Attahadul Amam, Bupati Asahan Ingatkan Jaga Suasana Kondusif

Pemkab Asahan Gelar Peringatan Isra Mi’raj