asarpua.com

45 Anggota DPRD Labuhanbatu Periode 2024-2029 Dilantik, Ini Daftar Nama dan Partainya

Pjs Bupati Labuhanbatu H Faisal Arif Nasution dan unsur Forkopimda foto bersama 45 anggota DPRD Labuhanbatu seusai diambil sumpah dan dilantik di Gedung DPRD, Jalan Sisingamangaraja Rantauprapat, Rabu (25/09/2024).(Foto. Asarpua.com/Handover)

ASARPUA.com – Sebanyak 45 orang anggota DPRD Kabupaten Labuhanbatu periode 2024-2029 hasil Pemilu 2024, dilantik. Pelantikan digelar dalam rapat paripurna pengucapan sumpah dan janji jabatan di gedung DPRD, Jalan Sisingamangaraja Rantauprapat, Rabu (25/09/2024). Rapat paripurna itu dipimpin Ketua DPRD Hj Meika Riyanti Siregar, dihadiri Pjs Bupati Labuhanbatu H Faisal Arif Nasution dan Forkopimda.

Pelantikan diawali menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Kemudian Ketua DPRD membuka rapat paripurna dan kata sambutan mengakhiri periodenya.

Plt Sekretaris DPRD (Sekwan) H Zuhri Nasution MSi kemudian membacakan Surat Keputusan (SK) Gubernur Sumatera Utara Nomor 188.44/519/Kpts/2024 tanggal 27 Agustus 2024 tentang Pemberhentian Anggota DPRD Labuhanbatu periode 2019-2024 dan Pengangkatan Anggota DPRD Labuhanbatu periode 2024-2029.

Selanjutnya, nama-nama anggota DPRD periode 2024-2029 dibacakan menurut nomor urut Parpol peraih kursi dan dipersilakan maju ke tempat yang telah disediakan di bagian depan meja para anggota DPRD. Mereka mengucapkan sumpah dan janji jabatan serta dilantik dipandu Ketua Pengadilan Negeri Rantauprapat Tommy Manik SH.

“Bahwa saya, akan memenuhi kewajiban saya sebagai anggota DPRD Kabupaten Labuhanbatu dengan sebaiknya-baiknya dan seadil-adilnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan berpedoman pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar tahun 1945,” ucap Zainuddin diikuti 45 anggota DPRD didampingi rohaniawan sesuai agama yang dianut.

Setelah mengucap sumpah atau janji, Ketua PN Rantauprapat secara simbolis menyematkan pin anggota DPRD Labuhanbatu dan menyerahkan SK kepada 3 perwakilan menurut agama. Pin disematkan ke dada kiri H Marasakti Harahap (Islam), St Ratt Evis Saragih (Kristen) dan Tommy (Budha).

Anggota DPRD Labuhanbatu yang dilantik, adalah 3 dari PKB, Penry Patartua Nababan (anggota PWI Labuhanbatu),
Jaimar Nababan dan Maju Hasiholan Sibarani. Lima dari Gerindra, yaitu H Sudin Satia Raja Harahap, Hj Maysarah, H Fauzi, Mas’ud dan Abdul Karim Hasibuan.

Empat dari PDIP, yaitu Tommy, Melisa Angelina Hutabarat, dr Godman Pangasian Sinurat dan Saptono. Enam dari Golkar, yaitu H Andi Suhaimi Dalimunthe, H Boster Sitio, H Mulatua Pasaribu, Mbelin Juahta Tarigan, Parulian Manik dan Eko Ardiansyah Hasibuan.

Sembilan dari Nasdem, yaitu Surianto,
M Ruben Simangunsong, H Romario Simangunsong, Arjan Priadi Ritonga, Anggriana Munthe, Syauqon Hilali Nur Ritonga, Khairul Anwar, H Polma Tambunan dan HM Arsyad Rangkuti. Marasakti Harahap (Gelora),
Andi Rahman (PKS). Tiga dari Hanura, yaitu H Burhanuddin Harahap, H Syahrul Harahap dan Emlanur Batubara. Dua dari PAN, Juhartono dan Sudarmanto, serta 2 dari PBB, Fadli Imam Syahputra Harahap dan Amat Paisal.

Empat dari Demokrat, yaitu H Marajunjung Siregar, M Iqbal Pakpahan, Mahmuddin Hasibuan dan Sunedi. Tiga dari Perindo, yaitu Rivai P Tambunan (Perindo), Indra Riyadi dan St Ratt Evis Saragih. Dua dari PPP, yaitu Budi Syabani dan Amir Hamzah.

Anggota DPRD yang dilantik itu merupakan Caleg terpilih hasil Pileg 2024 dari 5 daerah pemilihan. Nasdem menjadi partai politik yang memperoleh kursi terbanyak, yakni 9 kursi dan disusul Golkar 6 kursi. Dengan demikian, sesuai peraturan, Ketua sementara DPRD Labuhanbatu dari Nasdem dan amanah diserahkan kepada HM Arsyad Rangkuti, kemudian wakil ketua dari Golkar dan diemban H Andi Suhaimi Dalimunthe, menunggu SK pengangkatan ketua defenitif.

Setelah itu, Ketua DPRD periode 2019-2024 Hj Meika menyerahkan palu kepada HM Arsyad Rangkuti, dan memori kenangan diserahkan kepada wakil ketua sementara, Andi Suhaimi. Rapat paripurna dilanjutkan dan dipimpin HM Arsyad.

Arsyad menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah menggunakan hak pilihnya pada Pemilu April 2024, sehingga mereka bisa duduk di DPRD Labuhanbatu. Ia juga mengatakan akan menjalankan amanah rakyat sebaik mungkin.

Pjs Bupati Labuhanbatu H Faisal Arif Nasution pada kesempatan itu membacakan kata sambutan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Ia menyampaikan terima kasih atas pengabdian anggota DPRD periode 2019-2024 dan selamat kepada anggota DPRD periode 2024-2029 yang telah dilantik. Mendagri berharap para anggota DPRD menjalankan fungsinya sesuai undang-undang dan peraturan yang berlaku.

Seusai rapat paripurna pelantikan tersebut, Pjs Bupati H Faisal bersama Kapolres AKBP Bernhard, Kasdim 0209/LB Mayor S Hamonangan Tanjung, Kasi Intel Kejari Labuhanbatu Memed Rahmad Siregar, Sekda Labuhanbatu Ir Hasan Heri Rambe, para kepala dinas dan kepala badan, menyampaikan selamat dan menyalami para anggota DPRD yang baru dilantik. Pjs Bupati bersama Forkopimda juga foto bersama para anggota dewan dan keluarga.

Sementara itu, ratusan keluarga para anggota DPRD yang dilantik menunggu di luar gedung dan menyaksikan pelantikan melalui monitor videotron di bawah tenda yang disediakan sekretariat DPRD tersebut. (Asarpua)

Reporter : Martin Tarigan

Related News

PWI Labuhanbatu ‘Upa-upa’ Penry Nababan

DPRD Labuhanbatu Setujui Ranperda Pertanggungjawaban APBD TA 2023

Penry Nababan, Jurnalis Perebut Kursi DPRD Labuhanbatu

Redaktur: Martin Tarigan