asarpua.com

Tiga Paslon Bupati-Wabup Karo Cabut Nomor Urut

Tiga Paslon Bupati-Wakil Bupati (Wabup) Karo memperlihatkan nomor urut masing-masing, pada rapat pleno di Hotel Sinabung Berastagi, Senin (24/09/2024). (Foto. Asarpua.com/dikkar)

ASARPUA.com – Karo – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karo menggelar rapat pleno pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon (Paslon) Bupati-Wakil Bupati peserta Pilkada 2024, berlangsung di Hotel Sinabung Berastagi, Senin (24/09/2024).

Kehadiran ketiga Paslon tersebut didampingi masing-masing partai pengusung dan simpatisan.

Hasil pencabutan nomor urut Paslon yang ditetapkan dalam rapat pleno, yaitu Paslon Abednego Panca Putra Tarigan-Edy Suranta Bukit (ABDI) yang diusung PDI Perjuangan dan Partai Buruh, mendapat nomor 1.

Kemudian Paslon Brigjen Pol (Purn) Antonius Ginting-Komando Tarigan yang diusung partai Gerindra, Nasdem, Demokrat, PAN, PKB, PSI, Perindo, mendapat nomor urut 2.

Serta Paslon Tino Mimana Sinuraya-Onasis Sitepu yang diusung Partai Golkar, Demokrat, Gelora dan PKS, mendapat nomor urut 3.

Selain pengundian nomor urut, dalam acara tersebut juga dilaksanakan Deklarasi Kampanye Damai. Masing-masing Paslon berjanji untuk menjalankan kampanye yang bersih, bebas dari hoaks, politisasi SARA, dan politik uang.

Kapolres Tanah Karo AKBP Eko Yulianto yang hadir mengimbau agar setiap Paslon dan pendukungnya agar menjaga suasana damai dan menghormati hasil yang telah ditetapkan.

“Kami dari Polres Tanah Karo bersama dengan Kodim 0205 TK, telah menyiapkan personel keamanan untuk memastikan seluruh rangkaian acara berjalan aman dan kondusif,” sebutnya.

Menurutnya, pengundian nomor urut ini merupakan tahapan penting dalam Pilkada. Pihaknya selalu berkomitmen untuk menjaga agar proses demokrasi ini berlangsung sesuai jalur yang telah ditetapkan.

Acara juga dirangkai dengan penandatanganan naskah deklarasi kampanye damai oleh masing-masing Paslon bersama KPU, Bawaslu dan Forkopimda Karo. (Asarpua)

Penulis : Serasi Sembiring