asarpua.com

Wabup Karo Buka Diseminasi I Audit Kasus Stunting 2024

Wakil Bupati (Wabup) Theopilus Ginting membuka Diseminasi I Audit Kasus Stunting tingkat Kabupaten Karo tahun 2024, bertempat di Aula Kantor Bupati, Jalan Letjen Jamin Ginting, Kabanjahe, Rabu (11/09/2024). (Foto. Asarpua.com/dikkar)

ASARPUA.com – Karo – Wakil Bupati (Wabup) Theopilus Ginting membuka Diseminasi I Audit Kasus Stunting tingkat Kabupaten Karo tahun 2024, bertempat di Aula Kantor Bupati, Jalan Letjen Jamin Ginting, Kabanjahe, Rabu (11/09/2024).

Dalam pelaksanaan strategi nasional percepatan penurunan stunting juga disusun rencana aksi nasional melalui pendekatan keluarga beresiko stunting.

Rencana aksi nasional mencakup: Penyediaan Data Keluarga beresiko stunting, Pendampingan keluarga beresiko stunting, Pendampingan semua calon pengantin/pasangan usia subur, Surveilans keluarga beresiko stunting,dan audit kasus stunting.

Audit kasus stunting dilakukan melalui pembentukan tim audit, pelaksanaan audit kasus stunting dan manajemen pendampingan keluarga yang sudah dilaksanakan oleh beberapa orang dan para tim pakar, diseminasi (pemaparan hasil audit), kemudian tindak lanjut dari hasil audit dengan tujuan mengidentifikasi resiko terjadinya stunting dan mengetahui resiko dan menganalisis faktor resiko pada baduta atau balita dan pada kelompok sasaran sebagai upaya pencegahan dan perbaikan tatalaksana untuk kasus serupa.

“Kabupaten Karo pada tahun 2022 menurut SSGI berada di presentasi 24,9 persen. Tahun 2023 berada di 24.7 persen. Angka prevalensi stunting di Kabupaten Karo masih cukup tinggi. Marilah kita bekerja keras semua Tim TPPS supaya pada tahun 2024 ini kita bisa mendapatkan 14 persen,” kata Theopilus.

Kegiatan ini juga dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Karo dr. Arjuna Wijaya, Sp.P Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Data Martina, AP.,M.Si.,Tim Pakar AKS Kabupaten Karo, Tim PKK Karo, Kemenag Karo, serta para Camat terkait. (Asarpua)

Penulis : Serasi Sembiring

Related News

Wabup Karo Harap Guru Penggerak Miliki Kompetensi Pengembangan

Wabup Karo Hadiri Sosialisasi dan Advokasi Pendidikan 2024

Wabup dan Forkopimda Lepas Keberangkatan Calhaj Asal Karo