asarpua.com

PWI dan Kodim 0209/Labuhanbatu Siap Tangkal Hoaks Pilkada 2024

Ketua PWI Labuhanbatu Rony Afrizal bersama Kasdim 0209/Labuhanbatu Mayor Inf S. H Tanjung, pada acara Safari Jurnalistik di Aula Manunggal Kodim 0209/LB, Jalan Abdul Aziz, Kelurahan Padangmatinggi, Kecamatan Rantau Utara, Selasa (10/09/2024). (Foto. Asarpua.com/Martin_Tarigan)

ASARPUA.com – Labuhanbatu – Komandan Distrik Militer (Dandim) 0209/Labuhanbatu Letkol Inf Yudy Ardyan Saputro, S.I.P., diwakili Kepala Staf Kodim (Kasdim) Mayor Inf S. H. Tanjung, menghadiri Safari Jurnalistik Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Labuhanbatu, Selasa (10/09/2024) di Aula Manunggal Kodim 0209/LB, Jalan Abdul Aziz, Kelurahan Padangmatinggi, Kecamatan Rantau Utara.

Kehadiran pihak Kodim 0209/LB pada kegiatan itu sebagai bentuk komitmen dan kesiapannya bersama PWI Kabupaten Labuhanbatu dalam “Menangkal Berita Hoaks Pilkada 2024”, mendukung dan menjaga kelancaran serta keadilan pada Pilkada Serentak 2024.

Sebab, penyebaran berita Hoaks menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) kerap terjadi, sehingga dapat memecah belah masyarakat.

Dalam sambutannya, Dandim 0209/LB Letkol Inf Yudy Ardyan Saputro, menyampaikan menyampaikan pentingnya peran media dalam menjaga netralitas informasi.

“Media harus menjadi garda terdepan dalam menangkal berita hoaks, terutama menjelang Pilkada 2024. Berita yang tidak benar atau sengaja diputar balikkan dapat mengganggu stabilitas daerah dan menimbulkan keresahan di masyarakat,” tegas Dandim 0209/LB, dibacakan Kasdim Mayor Inf S.H Tanjung.

“Menjaga keadaan agar tetap kondusif, tidak hanya tugas kami sebagai TNI, akan tetapi ini adalah tugas kita bersama sesuai takaran dan peran kita masing-masing,” sebut Tanjung menambahkan.

Acara Safari jurnalistik ini dibuka oleh Plt Bupati Labuhanbatu, diwakili Kabid KIPS Diskominfo Indra Sutan Harahap, dengan menghadirkan narasumber Ketua KPU Kabupaten Labuhanbatu Zafar Siddik Pohan, Komisioner Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Divisi Penanganan Pelanggaran dan Data Informasi, Dr Bernat Panjaitan SH MHum dan Ketua PWI Labuhanbatu Rony Afrizal, S.E.

Sementara untuk pesertanya dari kalangan mahasiswa/i dari berbagai perguruan tinggi di Rantauprapat, seperti Univa Labuhanbatu, Universitas Labuhanbatu, Unisla, STITA Al-Bukhori dan Stikes Ikabina dan diikuti para pengurus dan anggota PWI Labuhanbatu.

Kodim 0209/Labuhanbatu mengapresiasi seluruh pihak yang telah berperan aktif mendukung upaya pemberantasan hoaks, dengan harapan menciptakan pemilihan umum (Pemilu) yang aman, damai, dan transparan.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif, meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap bahaya hoaks, serta mendorong sinergi antara pemerintah, media, dan masyarakat dalam menyukseskan Pilkada Labuhanbatu 2024. (Asarpua)

Reporter : Martin Tarigan

Related News

Syukuran Hari Veteran Nasional, Ellya Rosa Santuni Pejuang dan Warakawuri

Plt Bupati Labuhanbatu Buka TMMD Reguler Ke-120

PWI Labuhanbatu Salurkan Bantuan untuk Junaidi Marpaung