asarpua.com

Wagubsu Kunjungi Tomsk Rusia, Jalin Kerjasama

ASARPUA.com – Rusia –  Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah berkunjung ke Tomsk (Rusia), Rabu (21/11/2018). Kunjungan tersebut bertujuan untuk mengembangkan kerja sama di bidang sains dan teknologi.

Kedatangan Wagub Musa Rajekshah disambut Lyudmila Ogorodova, Wakil Gubernur Wilayah Tomsk (Rusia) bidang Sains dan Pendidikan. Turut hadir Kepala Balitbang Pemprov Sumut Effendy Pohan dan Konsulat Jenderal Federasi Rusia di Medan Dr Muhammad Fauzi Nasution SpB, SpB(K)V, (K)EV,  MSurg.

Kedua pihak mengadakan rapat dan membahas tentang  arah kerja sama sains dan teknologi dengan pemerintah dan universitas dari dua wilayah. Serta kebutuhan Indonesia dalam keahlian ilmiah dan dukungan teknologi di bidang teknologi informasi, pertanian dan biomedis.

Wagub Musa Rajekshah menyampaikan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut berharap dapat mengembangkan kerja sama bidang sains dan teknologi dengan Tomsk, karena sistem pendidikan di Tomsk merupakan salah satu yang terbaik di Rusia.

Sementara itu, Wakil Gubernur Tomsk Lyudmila Ogorodova menyampaikan, pihaknya juga tertarik untuk mengembangkan kerja sama dengan Indonesia, khususnya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut. “Kami tertarik untuk mengembangkan kerja sama dengan Indonesia dan siap berkontribusi dalam pelatihan spesialis, termasuk guru di bidang minat. Sistem pendidikan Tomsk adalah salah satu yang terbaik di Rusia, SSMU (Siberian State Medical University) adalah salah satu universitas terbaik untuk melatih personel medis, memiliki klinik sendiri di mana Anda bisa mendapatkan keterampilan praktis, ” ujar Wakil Gubernur Tomsk.

Lyudmila juga menekankan bahwa salah satu Pusat Penelitian Tomsk National Research terbesar di Rusia beroperasi di kawasan tersebut, menyatukan enam lembaga penelitian terkemuka. “Di bidang kami, mahasiswa asing bisa mendapatkan pendidikan berkualitas tinggi dan relatif murah, kami adalah salah satu wilayah Rusia yang paling aman, ramah dan toleran,” katanya. (as-01)

Related News

Wagubsu Ajak Milenial Lawan Covid-19

Redaksi

Wagubsu Buka Tebingtinggi Expo 2019

Redaksi

Wagubsu Musa Rajekshah Harapkan Peningkatan Generasi Cinta Quran

Redaksi