Sucofindo Resmikan Gedung Baru di Medan

45
Direktur Utama PT Sucofinfo (Persero) Bachder Djohan Buddin didampingi , Heru, Haris Wicaksono dan Anwar Harahap sapam komando dengan Kepala Sucofindo Cabang Medan Endrizal pertanda sinergitas para pimpinan untuk memajukan sucofindo di wilayah Medan sekitarnya.(Foto. ASARPUA.com/sembiring)

ASARPUA.Com – Medan – Sebagai wujud fokus terhadap kenyamanan pelanggan, PT Sucofindo (Persero) telah meresmikan pembangunan gedung kantor Cabang Medan. Direktur Utama PT Sucofindo (Persero) Bachder Djohan Buddin mengatakan bahwa gedung baru ini merupakan representasi perusahaan terhadap pelanggan. “Ini menjadi kewajiban kami untuk selalu meningkatkan kenyamanan pelayanan,” kata Direktur Utama PT SUCOFINDO (Persero) Bachder Djohan Buddin saat pemberian sambutan peresmian (12/07/2019).

Bachder mengatakan bahwa Kantor SUCOFINDO Cabang Medan ini memiliki cakupan bisnis yang cukup luas. “Oleh karena itu, dengan adanya gedung baru ini mampu mewadahi kebutuhan pelanggan dalam menangani bisnisnya,” kata Bachder. Bisnis dari Kantor Cabang Medan ini mencakup portofolio mulai dari jasa-jasa Laboratorium, Lingkungan, Inspeksi Teknik, Inspeksi Umum, Mineral dan Batubara, sampai sertifikasi manajemen termasuk sertifikasi usaha pariwisata. Tak hanya itu, cakupan bisnis pun mencakup wilayah Aceh dan Sumetara Utara. “Untuk Aceh kami juga memiliki Kantor Layanan Lhoksumawe dan itu di bawah unit bisnis SUCOFINDO Cabang Medan,” kata Bachder.

Lokasi gedung Kantor SUCOFINDO Cabang Medan menurut Bachder terbilang strategis, yaitu di Jalan Gatot Subroto Km 5,5 No. 105 Medan. “Ini merupakan jalur strategis karena berada di jalan Protokol Ring 1 yang merupakan pusat bisnis dan akan memudahkan akses dan mobilitas

pelanggan sehingga lebih efisien,” ujar Bachder.

Menurut Kepala SUCOFINDO Cabang Medan Endrizal saat ini Cabang SUCOFINDO Medan tengah mengerjakan jasa Sertifikasi Laik Operasi (SLO Genset, Turbin), Uji Emisi yang dilakukan dengan Metode Isokinetik sesuai dengan persyaratan Kementerian Lingkungan Hidup di Asian Agri Group, serta Collateral Management Agunan di PT Cerestar Flour Mills dan PT Permata Hijau Grup.

Selanjutnya, Endrizal menambahkan bahwa Kantor Cabang SUCOFINDO Medan juga mengerjakan proyek besar di pelabuhan Belawan terkait Pekerjaan Jasa Konsultansi Pengawasan dan Pengadaan Peralatan Bongkar Muat dan Terminal Operation System (TOS) di PT Prima Terminal PetiKemas dan Pekerjaan Jasa Konsultan Pengawas Pembangunan Peralatan Bongkar Muat dan TOS di Prima Multi Terminal. “Pekerjaan ini lokasi pengawasan supervisinya di China, Jepang, dan Malaysia,” kata Endrizal.

Tahun 2019 ini SUCOFINDO Cabang Medan juga menyasar portofolio baru, yaitu dalam pekerjaan konsultansi, sertifikasi, dan supervisi pembangunan tapak tower. “Kita dipercaya dalam mengerjakan proyek sertifikasi tapak tower di PT PLN (Persero) UIP Sumbagut. Selanjutnya, kegiatan di UIP Sumbagut diteruskan dengan proyek supervisi konstruksi jaringan dan gardu induk. Sedangkan di PLN UIP Kitsum, kita mengerjakan konsultansi pengukuran, inventarisasi, identifikasi, pengumpulan alas hak sampai sertifikasi,” kata Endrizal.

SUCOFINDO Cabang Medan juga melayani jasa sertifikasi usaha pariwisata, mulai dari hotel, rumah makan, sampai penyelengara perjalanan ibadah umroh dan biro perjalanan wisata. “Kami menargetkan usaha pariwisata di Medan dapat tersertifikasi,” ujar Endrizal. Saat ini menurut Endrizal, SUCOFINDO Cabang Medan telah bekerjasama dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Utara.

Tak hanya itu, untuk meningkatkan pelayanan di bidang pengujian, kantor SUCOFINDO Cabang Medan juga telah dilengkapi dengan laboratorium pengujian lingkungan, Hasil Pertanian, Produk Konsumen, dan Kalibrasi. Laboratorium SUCOFINDO Cabang Medan juga menurut Endrizal sudah menerapkan dan mendapatkan Sertifikat 17025, dan terakreditasi KAN. “Secara khusus, Laboratorium pengujian lingkungan di Cabang Medan ini telah ditunjuk oleh Kementerian Lingkungan Hidup sebagai lembaga pengujian independen untuk melakukan pengujian terkait kualitas lingkungan di Sumatera Utara,” kata Endrizal.

Tentang Sucofindo

PT Sucofindo (Persero) adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. Sebagai BUMN, Pemerintah Indonesia merupakan pemegang saham utama dengan kepemilikan 95 persen.

Bisnis Sucofindo bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian Sucofindo melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, assessment, konsultansi, pelatihan dan berbagai kegiatan penunjang terkait, diantaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan terbarukan, dan teknologi informasi.

Sucofindo memiliki 60 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. (as-01)